EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN PRODUK DALAM PENGEMBANGAN BISNIS PADA BMT ARTHA JAYA BABELAN BEKASI UTARA

Authors

  • Emmy Hamidiyah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Perbankan Islam Mr. Sjafruddin Prawiranegara Jakarta
  • Dimas Eldin Saputra Sekolah Tinggi Ekonomi dan Perbankan Islam Mr. Sjafruddin Prawiranegara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51192/ad.v1i2.196

Keywords:

effectiv, marketing strategy, Marketing Problems and Solutions and BMT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran terbaik seperti apa yang digunakan dalam memasarkan produk–produk BMT Artha Jaya dalam menyikapi beberapa masalah yang dihadapi. Lalu langkah solutif apa yang dipilih dalam menyikapi fenomena permasalahan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni sebuah penelitian dengan cara mengambil data dari lapangan di objek yang sebenarnya. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya strategi pemasaran itu dipengaruhi oleh dua permasalahan yaitu faktor internal dan eksternal objek penelitian. Faktor–faktor eksternal meliputi eksistensi BMT, tingkat persaingan dengan kompetitor, minat masyarakat terhadap aktivitas wirausaha dan menabung daya menabung masyarakat yang rendah. Sedangkan faktor permasalahan internal yang menghambat strategi pemasaran agar efektif adalah tingkat kualitas SDM yang belum maksimal, upaya promosi yang kurang inovatif, dukungan sarana dana prasarana yang kurang memadai, dan belum menyesuaikan tren digitalisasi dalam lingkup pemasaran.

References

Asnawi, Nur dan M. A. Fanani. (2017). Pemasaran Syariah: Teori, Filosofi, dan Isu – Isu Kontemporer, Depok: Rajawali Pers

Burhan, Umar. (2012). Perilaku Rumah Tangga Muslim dalam Menabung, Berinvestasi, dan Menyusun Protofolio Kekayaan, Malang: UB Press.

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran, Malang: Erlangga

Nufian S Febriani dan AD, Wayan. 2018. Teori dan Praktis: Riset Pemasaran Terpadu. Malang: UB Press.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif, (Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, cet-23. Bandung, Alfabeta

Annisa, dkk. (2019). Konsep dan Implementasi Akad Qordhul Hasan pada Perbankan Syariah dan Manfaatnya. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah Vol. 3, No. 2

Azizah, Nur, dkk. (2020). Efektivitas Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif di BRI Syariah Kantor Cabang Bojonegoro. Jurnal Miyah. Vol. 16. No. 01

Dewi, Nourma. (2017). Regulasi Keberadaan Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) dalam Sistem Perekonomian Indonesia. Jurnal Serambi Hukum Vol. 11 No. 01

Ding, Dimianus. (2014). Efektivitas Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan. Jurnal Ilmu Pemerintahan Vol. 02, No. 02

Elika, Cinthya P. G. (2017). Analisis Strategi Bisnis pada PT. Omega Internusa Sidoarjo. Jurnal Program Manajemen Bisnis Vol. 05, N0. 01

Hanafi, M. A. N. (2019). Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Nasabah pada PT BPR Hasamitra Makassar. Jurnal Brand. Vol. 1. No. 2

Published

2022-03-20

Issue

Section

Articles