PENGARUH E- COMMERCE SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

Authors

  • Risa Herlina Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/ad.v2i1.393

Keywords:

E-commerce Shopee, Perilaku Konsumtif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku mahasiswa Fakultas Ekonomi Islam dan Bisnis Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor dalam hal konsumsi. Teknik yang digunakan adalah teknik kuantitatif. Mahasiswa Fakultas Ekonomi Islam dan Bisnis Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor yang menggunakan aplikasi Shopee merupakan populasi penelitian untuk tahun 2018 hingga 2021. Rumus slovin digunakan sebagai strategi pengambilan sampel dalam penelitian ini. Skala pengukuran, kuesioner, dan data kepustakaan digunakan dalam prosedur penelitian untuk mendapatkan data. Validitas dan reliabilitas hasil kuesioner dievaluasi. Teknik analisis data menggunakan uji T, heteroskedastisitas, uji normalitas, dan prosedur regresi linier sederhana. Menggunakan perangkat lunak SPSS 25.0. Menurut temuan penelitian, perilaku konsumen siswa secara signifikan dipengaruhi oleh toko e-commerce

References

Adi Sulistyo Nugroho.(2016). E-Commerce Teori dan Implementasi, Yogyakarta: Ekuilibria. h. 5

Ainun Faizah, 2021 “ Pengaruh kemudaha n e-commerce shopee terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabayaâ€, Surabaya : UIN sunan ampel, 2021

Danang Sunyoto, Metodologi Penelitian Ekonomi (Alat Statistik & Analisis Output Komputer), (Yogyakarta: CAPS, 2011), hlm. 69

Eva Melita. (2015). “Dampak Online Shop Di Instagram Dalam Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Perempuan Shopaholic Di Samarindaâ€, eJournal Ilmu Komunikasi, Vol.3 No. 1. h.118

John M.Echols dan Hassan Shadily.(2003) Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. h. 129 dan 209.

Lina,. ddk. (2008). Perilaku Konsumtif Berdasarkan Locus Of Control pada Remaja Putri. Jakarta: Grafindo. h.177

Lenggang kurnia intan deviâ€Pengaruh Kualitas pelayananharga dan promosi terhadap kepuasan pembelian peda marketplace shopee†UIN Surabaya 2019, hlm. 60

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. ( Bandung: Alfabeta) 2009. hlm. 2

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,(Bandung : CV AFABETA, cet ke-23 2016), hlm. 80

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,(Bandung : CV AFABETA, cet ke-23 2016), h. 93

Shopee, “Kategori†dalam https://Shopee.co.id/ diakses pada 05 April 2022

Shopee, “Gratis Ongkir†dalam https://Shopee.co.id/m/gratis-ongkir diakses pada 05April 2022

Titik Triwulan Tutik.(2008). Hukum Perdata dalam Sistem Hukum Nasional. Cet ke- 2, (Jakarta: Kencana. h. 373

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles