EVALUASI PENDIDIKAN DALAM AL QUR’AN DAN RELEVANSINYA TERHADAP ROADMAP PENDIDIKAN NASIONAL

Authors

  • Azwar Anas Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/almubin.v5i2.369

Keywords:

Evaluasi Pendidikan, Roadmap, Pendidikan Nasional

Abstract

Pendidikan merupakan garda terdepan dalam pembangunan sebuah
bangsa sekaligus menjadi indikator perkembangan suatu bangsa.
Pendidikan yang dimaksud adalah yang bersifat menyeluruh yang
dialamnya mengandung nilai-nilai penting seperti norma, budi pekrti, dan
nilai-nilai ke-Islam-an. Tentu dalam pelaksanaan pendidikan perlu adanya
evaluasi untuk menjadi tolak ukur pengembangan pendidikan selanjutnya.
Hal ini senada dengan Undang Undang RI No. 20 tahun 2003
mengenai Sistem Pendidikan Nasional, bab XVI pasal 57 menyatakan
bahwa evaluasi di lakukan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan
secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan
terhadap pihak – pihak yang berkepentingan. Evaluasi ini menjadi bagian
yang tidak terpisahkan dengan pembelajaran, maka dari itu, perlu
ditingkatkan secara prosedur dan perangkat pendukung lain dalam tataran
pendidikan Islam

References

Al-Quran dan Al-Hadits

Abdul Azis saepudin, Roadmap Pendidikan nasional, Februari 2021

Abuddin nata, Ilmu Pendidikan Islam. (jakarta, prenadamedia group, 2017)Abu Hamid Al-Ghozali, Ihya Ulumuddin, juz 1 hal,11. (Maktabah Syamilah ).

Laila muthtifah, Evaluasi Pendidikan dalam al-qur’an, alqalam jurnal, no. 2 vol

tahun 205

M. Quraish Shihab, Wawasan al-Qur’an, (Bandung: Mizan, 2000),

M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur'an Jilid XIV (Jakarta: Lentera Hati, 2000), h. 610-611.

KAMILATUSSA’DIAH, N. U. R. U. L., & TAMAMI, A. ISLAMIC REBT COUNSELING TO IMPROVE THE VISUALLY IMPAIRED PEOPLE’S SELF ESTEEM.

Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.

Riva’i, F. A., Mz, S. R., & Septiani, D. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1320-1327.

Nurodin, N. (2016). PENGARUH METODE BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SIKAP KEAGAMAAN IBU-IBU. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 6(1), 508-522.

Nurodin, N. (2017). PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) DALAM MEREDUKSI KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PENYANDANG TUNADAKSA (Penelitian di Panti Asuhan Nurul Haq, Yayasan Madania, Jalan Janti GemakNomor 88 Gedong Kuning Banguntapan Bantul, Yogyakarta). Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 6(2), 130-149.

Muhammad 'A. Mu'jam al-Ta'birat al-Qur'aniyyah. (Al-Qohirah: Dar al Tsaqofiyyah Ii al-Nasyar, 1998/1418

Umar Shihab, Kontekstualitas al-Qur’an, (Jakarta: Permadani, 2005), cet III,

Zainullah bin syamsuri, evaluasi dalam system Pendidikan Islam, jurnal kreasi dakwah, maret 2017

Published

2022-09-30

How to Cite

Anas, A. (2022). EVALUASI PENDIDIKAN DALAM AL QUR’AN DAN RELEVANSINYA TERHADAP ROADMAP PENDIDIKAN NASIONAL. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 5(2), 85-92. https://doi.org/10.51192/almubin.v5i2.369

Issue

Section

Articles