HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI

Authors

  • Gugun Gunawan Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/almubin.v3i2.73

Keywords:

Write Narrative Essay, Mastery of Vocabulary

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang mencari solusi dalam mengembangkan kemampuan menulis karangan narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian sebuah teori yang menyampaikan bahwa kegiatan menulis membutuhkan suatu penguasaan kosakata yang baik. Jika siswa memiliki kosakata yang banyak, maka akan mempermudah siswa dalam merangkai kata untuk menulis karangan narasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Penelitian korelasi merupakan penelitian yang melihat hubungan antara variabel atau beberapa variabel dengan variabel lain. Adapun objek penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiah Darut Taqwa Cibungbulang Bogor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan telah terjadinya suatu korelasi antara variabel X dengan variabel Y. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian bahwa r xy hitung sebesar 0,292. Dan r xy tabel pada korelasi product moment yaitu 0,290. Perbandingan nilai tersebut berarti r hitung lebih besar daripada r tabel, (0,292 ˃ 0,290). Jadi, hasil pengujian dengan rumus koefisien korelasi yaitu POSITIF. Oleh karena itu, kegiatan menulis yang dilakukan siswa memiliki hubungan yang sangat signifikan, jika penguasaan kosakatanya lebih baik

References

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Erna, Diah. 2009. Gaya Bahasa dan Pribahasa dalam Bahasa Indonesia,(cet.I. Klaten:PT. Macanan Jaya Cemerlang).

Gunawan, G., & Aziz, H. (2018). ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA SMP PEMAIN GAME ONLINE ANDROID BERGENRE BATTLE ROYALE. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(1), 11-21.

Gunawan, G. (2019). HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 1 CIGUDEG BOGOR. EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 2(01), 36-43.

Haryanta, Agung Tri. 2012. Kamus sastra Indonesia dan kebahasaan. Surakarta: Aksarra Sinergi Media.

Heryanto, Nar. 2012. Statiska Pendidikan, (cet.II. Banten:Universitas Terbuka).

Nurgiyantoro, Burhan. 2008. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, (yogyakarta:BPEE).

Nurgiyantoro, Burhan. 2016. penilaian pembelajaran bahasa. Yogyakarta: BPEE

Riyanto, Yatim. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan, (cet.III. Surabaya:SIC).

Rohmadi, Muhammad. 2014. Jurnalistik Media Cetak. Surakarta: Cakrawala Media.

Silalahi, Uiber. 2015. Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Soebachman, Agustina. 2014. 4 Hari Mahir Menulis. Yogyakarta; Syura Media Utama.

Sugiarto, Eko. 2014. Mahir Menulis Fakta dan Opini, (Yogyakarta: Suaka Media).

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung; Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta. hlm. 82

Suherly, dkk. 2016. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Tri Rama K. 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Karya Agung.

Wibison, Dermawan. 2013. Panduan Penyusunan Skripsi, Tesis dan Disertasi. (Yogyakarta:CV. Andi).

Rianti, Maya, dkk. 2013. Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi.

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=101580&val=1517&title=Hubungan%20Penguasaan%20Kosakata%20dengan%20Kemampuan%20Menulis%20Karangan%20Argumentasi%20Siswa%20Kelas%20XI%20IPS%20SMAN%201%20Guguak%2050%20Kota diakses pada Selasa, 30 April 2019. Pukul 00.01 WB

Published

2020-09-18

How to Cite

Gunawan, G. (2020). HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 3(2), 76-85. https://doi.org/10.51192/almubin.v3i2.73

Issue

Section

Articles