PERAN BAHASA DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TANTRUM

Authors

  • Nuraini Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Faisal Rachmat Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/cons.v1i1.102

Keywords:

Bahasa, Tantrum, Prilaku Anak

Abstract

 Penelitian Studi Kasus ini bertujuan untuk mengetahui adanya Peran Bahasa dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Tantrum. Subjek penelitian adalah seorang Anak berusia 7 tahun 8 bulan di Perumahan Pertanian, Depok. Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, analisis kasus dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Kasus. Hasil penelitian menujukkan adanya penurunan tantrum anak sebesar 80% berdasarkan Diagnosis Kasus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan analisis kasus dengan diagnosis kasus dapat signifikan menurunkan tingkat tantrum anak melalui pendekatan terapi behavioristik yakni modifikasi prilaku anak tersebut

Published

2021-06-30

How to Cite

Nuraini, & Rachmat, F. (2021). PERAN BAHASA DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TANTRUM. CONS-IEDU, 1(1), 41-55. https://doi.org/10.51192/cons.v1i1.102

Issue

Section

Articles