PERAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PERSPEKTIF ISLAM

Authors

  • Willa Putri Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/instruktur.v1i1.149

Keywords:

Role of Family, Character Building, Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguraikan bagaimana peran keluarga dalam membentuk karakter anak dalam perspektif Islam. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan library research (penelitian kepustakaan). Hasil dari penelitian ini bahwa keluarga mempunyai peran yang signifikan dalam memberikan pengaruh kepribadian anak. Pendidikan karakter dalam perspektif Islam pada dasarnya mempunyai tujuan yang sama seperti perspektif pendidikan karakter pada umumnya, karena pendidikan karakter mempunyai tujan untuk membentuk manusia yang baik dan beradab. Pendidikan karakter dalam Islam berpijak pada dua sisi penting, yaitu iman dan akhlak. Iman adalah sisi abstrak dari kepatuhan terhadap hukum-hukum Allah yang diwujudkan dalam perilaku akhlakul karimah

References

Bawani, Imam. Ilmu Jiwa Perkembangan Dalam Konteks Pendidikan Islam, edisi 1, Surabaya: Bina Ilmu, 1990.

Departemen Agama RI. Alquran dan Terjemahannya. Jakarta: Departemen Agama RI, 1984.

Endang, Busri. Optimalisasi Peran Keluaga Dalam Pembentukan Kepribadian Anak. FKIP Pontianak.

Hasan, M. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

Hyoscyamina, Darosy Endah. Peran Keluarga dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Psikologi Undip Vol. 10, No.2, Oktober 2011.

Johansyah. Pendidikan Karakter dalam Islam; Kajian dari Aspek Metodologis. Jurnal Ilmiah Islam Futura. Volume XI, No. 1, Agustus 2011.

Komidar, J. Use of Library. Dalam S. Harahap, Metodologi Studi dan Penelitian Ilmu-ilmu Ushuluddin. Jakarta: Rajawali Press, .1995.

Lazarusli, Budi., Lestari, Sri., Abdullah , Gufron., Sudrajat, Rahmat., Adhi, Oktaviani., Suciptaningsih. Penguatan Peran Keluarga dalam Pembentukan Kepribadian Anak Melalui Seminar dan Pendampingan Masalah Keluarga. FPIPS Universitas PGRI Semarang.

Megawangi, R., Zeitlin, M.F. & Kramer, E.M. Psychological Approaches to the Family. In Zeitlin, M.F., Megawangi, R., Kramer, E.M., Colleta, N.D., Babatunder, E.D. & Garman, D. (eds.). Strengthening the Family. United Nations University Press. Tokyo, 1995.

Muhsinin. Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Islam Untuk Membentuk Karakter Siswa yang Toleran. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 8, No. 2, Agustus 2013.

Muncie, J., Wetherell, M., Dallos, R. & Cochrane, A. 1995. Understanding the Family. Sage Publications, London.

Nasihatun. Siti. Pendidikan Karakter Perspektif Islam dan Strategi Implementasinya. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan Vol. 7, No. 2, Desember 2019.

Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan

Pendidikan Islam di Indonesia. Cet III. Jakarta: Prenada

Media Group, 2003.

Nugrahawati, Dwi. Hubungan Antara Intensitas Interaksi Antar Anggota Keluarga. Peranan Teman Sebaya dan Kenakalan Pelajar di SMU Negeri 1 Pakem, Sleman, Yogyakarta. (Skripsi). 2000.

Ritzer, George-Douglas J. Goodman. Teori Sosiologi Modern. Jakarta:

Prenada Media, 2004.

Published

2021-11-20

Issue

Section

Articles