GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI SMPIT BINA INSAN KAMIL DEPOK

Authors

  • Taufik Sekolah Tinggi Agama Islam ALHIKMAH Jakarta
  • Sabilil Muttaqin Sekolah Tinggi Agama Islam ALHIKMAH Jakarta
  • Sita Husnul Khotimah Sekolah Tinggi Agama Islam ALHIKMAH Jakarta
  • Sayyidul Mubarok Sekolah Tinggi Agama Islam ALHIKMAH Jakarta
  • Sarah Safira Sekolah Tinggi Agama Islam ALHIKMAH Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51192/instruktur.v2i2.559

Keywords:

learning styles, student achievement

Abstract

This study aims to determine the learning styles of outstanding students at SMPIT Bina Insan Kamil Depok, with a sample of 5 (five) outstanding students. Data collection was carried out through observation, interviews, questionnaires and documentation. Data analysis was carried out descriptively according to the data collected from the instrument. The results showed that each outstanding student had a different learning style, students A and B had an auditory learning style, students C and D had a visual learning style, and student E had a kinesthetic learning style

References

Ayu, N. M. S. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biomedik. Jurnal Keperawatan Vol, 8(1).

Bobbi DePorter dan Mike Hernacki, Quantum Learning: membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, New York: Dell Publishing, 1992, Cet. Ke-25.

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal kependidikan, 44(2).

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Didik. Gaya Belajar Kinestetik. diperoleh 10 Januari 2022. Dari http://didikz888.wordpress.com/tag/gya-belajar-kinestetik/.

Jannah, M. (2020). Peran pembelajaran aqidah akhlak untuk menanamkan nilai pendidikan karakter siswa. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 237-252.

Lia, A., & Ubaidillah, U. (2021). Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Era Abad 21 Berbasis Pendekatan Quantum. al-Ittijah: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, 13(2), 170-185.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Melvin L. Silbermen, Active Learning 101 cara bealajar siswa aktif, Bandung: Nusamedia, 2006.

Muzakia, N. O. (2020). GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(1), 45-50.

Musrofi, M, Melesatkan Prestasi Akademik Siswa. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani, 2010.

Ningrat, S. P., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257-265.

Nurbaiti, L., Padyah, P., & Muzakia, N. O. (2020). Gaya Belajar Siswa Berprestasi. FONDATIA, 4(1), 28-34.

Putra, P. (2017). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran aqidah akhlak (studi multi kasus di MIN Sekuduk dan MIN Pemangkat Kabupaten Sambas). Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 147-156.

Siberman, M. L. (2018). Active learning 101 cara belajar siswa aktif. Nuansa Cendekia.

Sekarwati, S. A., & Nurtamam, M. E. (2018). Komparasi Hasil Belajar Matematika Antara Siswa Yang Dominan Bergaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Di SDN Gugus III Kecamatan Lamongan. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 135.

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles