PENGELOLAAN ISU SEBAGAI UPAYA MEMPERBAIKI CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN

Authors

  • Muchamad Arif Kurniawan Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v1i1.118

Keywords:

Issues, issue management, public relations, school

Abstract

Manajemen isu merupakan suatu sarana yang dapat digunakan oleh suatu organisasi untuk mengelola berbagai isu yang muncul. Pada penelitian ini, manajemen isu digunakan untuk merespon dan mengelola isu penutupan SMK Purnama Tempuran Magelang. Ada fokus utama yang menjadi kajian penulis dalam penelitian ini yaitu bagaimana manajemen isu yang dilakukan oleh SMK Purnama Tempuran dalam menghadapi isu tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif, mengungkap secara detail tentang penerapan manajemen isu yang dilakukan oleh pihak SMK Purnama Tempuran. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, humas dan guru SMK Purnama Tempuran. Dalam menjawab persoalan ini data dikumpulkan melalui observasi, wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen isu yang dilakukan oleh SMK Purnama Tempuran adalah dengan melakukan klarifikasi yang disampaikan oleh kepala sekolah melalui media massa, serta membuat program-program yang bertujuan untuk merubah isu, sekaligus memperbaiki/membangun citra SMK Purnama Tempuran, adapun program-program tersebut antara lain: melakukan pembinaan intensif kepada siswa SMK Purnama Tempuran, marketing dan melakukan media relations

References

Dalton, John. Reputation and Strategic Issue Management. United Kingdom: London School of Public Relations.

Iriantara, Yosal. Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2008.

Kazoleas, D. Y. Kim dan Moffit. “Institutional Image: a Case Studyâ€, Corporate Communications: An International Journal (2001).

Krisyantono, Rahmat. Public Relation: Pendekatan Critical Public Relations, Etnografi Kritis dan Kualitatif. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Krisyantono, Rahmat. Teori Public relations Perspektif Barat dan Lokal, Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Made Dwi Andjani. Media Relations Sebagai Upaya Pembentuk Reputasi Organisasi. Jurnal Sultan Agung Vol XLV No. 11.

Nova, Firsan. Crisis Public Relation: Strategi PR Menghadapi Krisis, Mengelola Isu, Membangun Citra, dan Reputasi Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Prayudi. Manajemen Isu Pendekatan Public Relation. Yogyakarta: Pustaka Adipura, 2008.

Regester dan Larkin. Risk Isues dan Crisis Management in Public Relations: A Casebook of Best Practice. London: Logan Page, 2008.

Wongsonegoro, Crisis Management & Issues Management†(The Basics of Public Relations). Jakarta: IPM Public Relations, 1995.

Published

2021-08-28

How to Cite

Arif Kurniawan, M. (2021). PENGELOLAAN ISU SEBAGAI UPAYA MEMPERBAIKI CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN. TADBIRUNA, 1(1), 12-23. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v1i1.118

Issue

Section

Articles