EVALUASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Authors

  • Agus Ali Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v1i1.117

Keywords:

Evaluation, Management, Teacher Performance

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui Evaluasi Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Guru, Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Adapun pendekatan yang dipilih oleh penulis adalah fenomenologi. Penentuan sumber data dalam penelitian ini sesuai informasi yang didapat berupa kata-kata dan dokumen yang disajikan dan digambarkan apa adanya ditelaah guna menemukan makna. Peneliti bertindak langsung sebagai instrumen dan sebagai pengumpul data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Evaluasi yang dilakukan di MTs Ummul Quro Al Islami Bogor dilaksanakan setiap satu bulan sekali, satu semester dan rapat akhir tahun dengan agenda untuk melaporkan kegiatan yang sudah atau akan dilaksanakan agar menjadi bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan dalam pelaksanaan evaluasi tersebut banyak kekurangan dan kelebihan yang harus diperbaiki atau ditingkatkan untuk tercapainya suatu tujuan organisasi. Kinerja guru yang ada di MTs Ummul Quro Al Islami Bogor sangat beragam setiap bagian memiliki kinerja yang berbeda-beda dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Dalam suatu organisasi atau lembaga kinerja yang baik sangat diperlukan karena itu akan  menciptakan hasil yang maksimal. Dengan demikan kinerja sangat penting untuk diperhatikan dan ditingkatkan dengan cara adanya kerjasama yang baik, komunikasi yang baik, saling bersinergi antar bagian, saling menjaga kekompakan dan saling mendukung satu sama lain

References

Adriyan, M. R. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Grand Quality Hotel Yogyakarta)

Ananda, R., Rafida, T., & Wijaya, C. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan.

Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran. Pustaka Setia.

Handoko, T. H. (1998). Manajemen.

Hermawan, D. (2019). PEMIKIRAN M. QURAIS SHIHAB TENTANG REVOLUSI MENTAL DALAM TAFSIR AL-MISBAH QS AR-RAD 13: 11 DAN KAITANNYA TERHADAP GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. UIN Raden Intan.

Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan pendidikan: konsep, prinsip, dan aplikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah. Kaukaba.

Juliena, D. (2015). Etos kerja dalam perspektif al-Qur’an (studi analisis). UIN Walisongo.

Linarwati, M., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2016). Studi deskriptif pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia serta penggunaan metode behavioral event interview dalam merekrut karyawan baru di bank mega cabang kudus. Journal of Management, 2(2).

Maujud, F. (2018). Implementasi Fungsi-fungsi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam (studi kasus pengelolaan madrasah ibtidaiyah islahul muta’allim pagutan). Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 31–51.

Mubarokah, U. (2018). Penerapan fungsi evaluasi dalam kegiatan dakwah Ikatan Remaja Islam Masjid Agung Semarang (KARISMA). UIN Walisongo Semarang.

Mutakallim, M. (2016). Pengawasan, Evaluasi dan Umpan Balik Stratejik. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 351–365.

Nastiti, D. P., Santoso, S., & Sudiyanto, S. (2019). Studi Literatur Pengaruh Evaluasi Formatif Terhadap Evaluasi Sumatif.

Nazir, M. (1988). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Razi, F. (n.d.). KONSEP DASAR EVALUASI PEMBELAJARAN Oleh.

Rismawati, S. E., & Mattalata, S. E. (2018). Evaluasi Kinerja: Penilaian Kinerja Atas Dasar Prestasi Kerja Berorientasi Kedepan (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish.

Suharna, A. (2016). Evaluasi Pendidikan Persfektif Islam. Qathrunâ, 3(02), 49–68.

Susanty, A., & Baskoro, S. W. (2012). Pengaruh motivasi kerja dan gaya kepemimpinan terhadap disiplin kerja serta dampaknya pada kinerja karyawan (studi kasus pada pt. Pln (persero) apd semarang). J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 7(2), 77–84.

Wardana, D. S. (2013). Motivasi berprestasi dengan kinerja guru yang sudah disertifikasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 98–109.

Published

2021-08-28 — Updated on 2022-01-18

Versions

How to Cite

Ali, A. (2022). EVALUASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU. TADBIRUNA, 1(1), 4-11. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v1i1.117 (Original work published August 28, 2021)

Issue

Section

Articles