STRATEGI PEMASARAN SMK CIPTA MANDIRI PAMIJAHAN DALAM PERSPEKTIF TEORI BAURAN PEMASARAN DAN MARKETING SYARIAH

Main Article Content

Misno
Hasbi Ash-Shidiqie
Soleh

Abstract

This research was conducted to determine the extent to which Marketing Mix Theory and Sharia Marketing play a role in the marketing carried out by SMK Cipta Mandiri. This research uses qualitative methods of phenomenology and normative legal studies, namely looking at the events that exist at SMK Cipta Mandiri in terms of marketing and analyzing the concept of marketing mix theory and its sharia perspective.The research results show that SMK Cipta Mandiri has implemented a marketing mix theory and in a sharia perspective in conducting marketing practices when looking for new student candidates such as Product, Price, Place, Promotion, Process, Physical Evidence and People and all of them have run according to sharia, which is prohibited. Commit fraud, take the rights of others vanity, and are not gharar

Article Details

Section
Articles

References

Alma, Buchari. 2011. Manajemen corporate dan strategi pemasaran jasa pendidikan. Jakarta : Alfabet,

A.Usmara .2017. Strategi Baru Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Amara Books.

Basu Swastha Dharmmesta. 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.

Basyar Iwad Ma‟ruf, Jami‟ul Kabir-Sunan Tirmidzi, juz 04 (Beirut-Darul Gharab, 1998)

Departemen Agama, Al-Quran dan Tarjamah. Tri Karya, Surabaya, 2004

Didin Hafidhuddin & Hendri Tanjung, Manajemen Syariah dalam Praktek (Jakarta: Gema Insani, 2003)

Djaslim Saladin,2013, Manajemen Pemasaran Analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian. Bandung : Linda Karya

Fandy Tjiptono, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. CV Andi. Yogyakarta.

Hartimbul Ginting, Nembah F. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Yrama Widya

Hermawan Kertajaya, Muhammad Syakir Sula, Syariah Marketing. Hlm. 09

Kasmir. 2014. Pemasaran Bank.Jakarta: Kencana

Kotler dan Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 14. Jakarta: Erlangga.

Marwan Asri, Marketing (Yogyakarta: UPP-AMP YKNPN, 1991), 14.

Misno, Dr Abdurrahman. Siswanto MEI, Agus. Farid MM, Fahri, 2020, Pengantar Bisnis Syariah, Salemba Empat. Jakarta

Misno, Dr Abdurrahman. Rifai, Ahmad, 2018, Metode Penelitian Muamalah, Salemba Empat, Jakarta.

Muhammad Zahir An-Nasir, Shohih Bukhari, juz 01. (Darut Thuk An-Najah, 2001)

Muhammad Fuad Abdul Baqi, Shohih Muslim, juz 03 (Beirut: Darul Ihya‟ Turasul Arabi, 1997)

Philip Kotler, Kevin Lane Keller . 2012. Manajemen pemasaran jilid 2. ; Pengalih bahasa: Benyamin Molan. Indeks. Jakarta

Swastha, Basu dan T. hani Handoko. 2011. Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Keenam.

Thorik Gunara dan Utus Hardiyono, Marketing Muhammad (Bandung: Madnia Prima, 2002)

Yusuf Qhardawi, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Terjemah Zainal Arifin (et.al), (Jakarta: Gema Insani Press, 1997)

Peraturan/ Undang – undang

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 29 TAHUN 1990 TENTANG PENDIDIKAN MENENGAH

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

Ita Nurcholifah STRATEGI MARKETING MIX DALAM PERSPEKTIF SYARIAH, 2014 IAIN Pontianak, Jurnal Khatulistiwa – Journal Of Islamic Studies Volume 4 Nomor 1 Maret 2014

Nurhendra Fatma, Mukhamad Najib, Mukhamad Yasid

Institut Tazkia Sentul Bogor, Indonesia Departemen Manajemen Institut pertanian Bogor (IPB), Indonesia. Pengaruh Interpretasi Konsumen Dalam Bauran Pemasaran Syariah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Produk Shampo Sari Ayu Hijab) PT. Martina Berto. Tbk. Martha Tilaar), Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(03), 2019, 277-291

Nuri Arisa dari IAIN Raden Intan Lampung, skripsi yang berjudul Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

Auliya Ul Mardiyah pada tahun 2018 dari Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Medan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Islam dengan Judul Marketing Syariah dalam Perspektif Ekonomi Islam.

Nurhadi di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar dalam Jurnal Human Falah Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam dengan judul Manajemen Strategi Pemasaran Bauran (Marketing Mix) Perspektif Ekonomi Syariah pada tahun 2019.