STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH DI MEDIA SOSIAL: PENDEKATAN INTERAKTIF DAN PARTISIPATIF
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah wajah komunikasi dakwah secara signifikan. Media sosial kini menjadi medium utama dalam menyampaikan pesan keagamaan yang lebih cepat, luas, dan interaktif. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi komunikasi dakwah di media sosial dengan pendekatan interaktif dan partisipatif. Metode yang digunakan adalah studi pustaka terhadap literatur keislaman, komunikasi digital, dan fenomena sosial media kontemporer. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi dakwah yang mengedepankan dialog dua arah, kreativitas konten, serta keterlibatan audiens dapat meningkatkan efektivitas pesan dakwah di ruang virtual. Pendekatan partisipatif juga memungkinkan jamaah berperan aktif dalam penyebaran nilai-nilai Islam. Oleh karena itu, dakwah digital menuntut da’i tidak hanya memahami ilmu agama, tetapi juga memiliki literasi media yang kuat serta etika komunikasi Islami
Article Details
References
Alhasbi, F., Faraba, K. S. A., Effendi, A., & ... (2024). Dakwah Digital: Publikasi Kegiatan Masjid Memanfaatkan Jejaring Sosial. Ngarsa: Journal of …. https://ngarsa.uinkhas.ac.id/index.php/ngarsa/article/view/517
Azizi, M. R., Nuraini, T. D., Audina, S., & ... (2025). Rekonstruksi Epistimologi, Dakwah Dalam Konteks Digitalisasi Dan Era Disrupsi. Menulis: Jurnal …. https://padangjurnal.web.id/index.php/menulis/article/view/404
Chanra, M., & Tasruddin, R. (2025). Peran media sosial sebagai platform dakwah di era digital: Studi kasus pada generasi milenial. Jurnal Kolaboratif Sains. https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JKS/article/view/6862
Hogantara, K., Nirwana, J., & ... (2025). Aktualisasi Metode Dakwah dalam Menghadapi Tantangan Perubahan Sosial Masyarakat melalui Teknologi. Arus Jurnal Sosial Dan …. http://jurnal.ardenjaya.com/index.php/ajsh/article/view/1082
Iswadi, I. (2024). DAKWAH DI RUANG VIRTUAL: OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL DALAM PENYEBARAN PESAN ISLAM. Jurnal Komunikasi Dan Media. http://ittishal.org/index.php/jkm/article/view/88
Kurniawan, R., & Castrawijaya, C. (2025). Strategi Pemasaran Dakwah melalui Media Digital dalam Menarik Minat Masyarakat Belajar Agama Islam. … Dan Dakwah. https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/meyarsa/article/view/18795
Latif, H. D., & Sos, S. (2024). New Media dan Dakwah. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=EYszEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=dakwah+di+ruang+virtual+optimalisasi+media+sosial+dalam+penyebaran+pesan+islam&ots=cQGKvqoKE-&sig=A3NMQocE_BW7FFLIY8PF-oldXKM
Nafi’Maftazany, M. H., Prakoso, M. D., & ... (2025). Strategi Dakwah Masjid Baiturrahim Danukusuman dalam Menghadapi Krisis Moral Generasi Muda: Baiturrahim Danukusuman Mosque’s Preaching Strategy in …. LITERA: Jurnal …. https://litera-academica.com/ojs/litera/article/view/183
Nasution, A. R. S. (2025). Literasi Dakwah Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syahada Padangsidimpuan Melalui Media Sosial. Hikmah. http://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/Hik/article/view/16731
Nopianti, F. B., Al-Alawi, A. F., & Ramadhani, S. (2025). Inovasi perencanaan dakwah dengan teknologi yang berorientasi pada tantangan etis dan strategi penyampaian pesan Islam. Jurnal Riset Rumpun Agama …. https://prin.or.id/index.php/JURRAFI/article/view/4609
Praselanova, R. (2025). Optimalisasi Media Sosial sebagai Sarana Dakwah Interaktif di Ma’had Aly Ilmu Yaqin Makassar. Ilhami: Jurnal Ilmu Dan Dakwah Multidisiplin. https://ejournal.uiidalwa.ac.id/index.php/ilhami/article/view/2506
Rahmawati, Y., Hariyati, F., & ... (2024). Gaya komunikasi dakwah era digital: Kajian literatur. … Journal of Social …. https://journal-stiayappimakassar.ac.id/index.php/Concept/article/view/1081
Ramdani, N., Sukarta, S., Rahmawati, E., & ... (2024). Strategi komunikasi dakwah dalam menghadapi tantangan budaya globalisasi. Seminar Nasional …. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/25691
Rohmah, H. (n.d.). OPTIMALISASI FEED INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH DALAM MEMBERIKAN PEMAHAMAN AL-QUR’AN (Studi Akun Instagram@ quranreview). In repository.uinsaizu.ac.id. https://repository.uinsaizu.ac.id/32367/1/HidayaturRohmah_OptimalisasiFeedInstagramSebagaiMediaDakwahDalammemberikanPemahamanAl-Qur%27an%28StudiAkunInstagramquranreview%29_compressed.pdf
Rusdi, H. R., & Aisyah, N. (2024). Analisis Tingkat Efektivitas Media Dakwah Melalui Lisan dan Tulisan pada Mahasiswa di Era 4.0. Jurnal Educatio FKIP UNMA. http://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/8372
Salamah, I., & Malayati, R. M. (2025). Analisis Pesan Dakwah Habib Segaf Baharun Di Media Sosial Instagram (Edisi Juni-Oktober 2024). JOURNAL SAINS …. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jssr/article/view/5487
Soraya, S. H. (2025). Model Dakwah Berbasis Kearifan Lokal di Era Digital: Studi Netnografi Saluran Youtube “Official Menara Kudus.” In AL-IDZAAH: Jurnal Dakwah dan Komunikasi.
Sugiarto, C. C. S. (2023). Pemanfaatan aplikasi Mosfeed sebagai media dakwah: Studi deskriptif pada akun Syameela Series Mosfeed. digilib.uinsgd.ac.id. https://digilib.uinsgd.ac.id/76600/
Yati, P., Putri, M., Putri, S. Y., Junia, J., & ... (2023). Dakwah Islam Melalui Media Sosial Sebagaisarana Pendidikan. … Conference on Da’ …. https://proceedings.dokicti.org/index.php/CDCS/article/view/85