TATHIR ALWASAYIT ALSAMEIAT ALBASARIAT EALAA NATAYIJ TAEALUM ALMUFRADAT LADAYA ALTALAMIDH ALSAFI ALSAABIE ALMADRASAT ALTHA NUYT AIBN HAJAR BIASARYAN BIWJUR
Main Article Content
Abstract
'iina eadam alaistifadat min wasayil altaealum fi mawadi allughat alearabiat yuadiy 'iilaa ainkhifad tarkiz altulaab waeadam aihtimamihim 'athna' eamaliat altaealumi, lidhalik yajib ealaa almuealim 'an yakun ladayh tariqat taealum faeaalat litahsin natayij taealum altulaabi. hadaf hadhih aldirasat hu tahdid ma 'iidha kanat alwasayit alsameiat walbasariat laha tathir kabir ealaa natayij taealum almufradat alearabiat ladaa altulaab fi madrasat aibn hajar biasaryan biwjur. hadha albahth hu bahth kamiyun bimanhaj tajribiin hayth tama aikhtiar eayinat albahth min 34 talib watalibat watama jame albayanat biaistikhdam 'asalib almulahazat waltawthiq walaikhtibaru. yatakawan min aikhtibar 'awaliin waikhtibar lahiqin. tama aikhtibar natayij aldirasat biaistikhdam barnamaj SPSS al'iisdar 26, wa'azharat natayij aldirasat ziadatan fi natayij altaealumi, fafi alaikhtibar alqabalii kan almutawasit alhisabiu aladhi tama alhusul ealayh 65.3 thuma kan almutawasit alhisabiu aladhi tama alhusul ealayh 'athna' alaikhtibar albuedii 80.3. wayumkin alaistintaj 'ana alwasayit alsameiat walbasariat yumkinuha tahsin natayij altaealum ladaa altalabat min khilal muqaranat alqiam almutawasitat linatayij alaikhtibar alqabalii walbuedii
Article Details
References
Abrar, M., (2022). Al-‘Alaqah Bayna Itqan Al-Mufradat Wal Insyat-Thullab As-Shaf At-Tasi’ Fi Al-Madrasah At-Tsanawiyah Ma’had Ummul Quro Al-Islami Bogor. Shawtul ‘Arab, 2(1), 8-19.
Abrar, M. (2023). Hubungan Kemampuan Bahasa Arab terhadap Prestasi Menghafal Al-Qur’an Santri Kelas XI SMA Cahaya Qur’an Cibungbulang Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 4(1), 35-43.
Abrar, M. (2023). Fa’aliyah Itqan Fi Tarjamah An-Nushus Al-'Arabiyah Lil Fashl At-Tsamin (VIII A) Fi Al-Madrasah At-Tsanawiyah “Anwarul Hidayah” Pamijahan Bogor. Shawtul ‘Arab, 2 (2), 85-92.
Agung Widhi Kurniawan Dan Zarah Puspitaningtyas. (2016) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Cet. 1, (Yogyakarta:Pandiva Buku)
Al-Farisi, T., Abrar, M., & Akasahtia, LT (2022). Istiratijiyyat Mu’allim Al-Lughah Al-'Arabiyah 'Inda Taghallubi Su’ubah Qiroaat An-Nushus Al-'Arabiyah 'Alaa Thullabi As-Shaf Al-'Asyr Fi Al-Madrasah Al-'Aliyah Al-Muhajirin Cigudeg (Dirasah Haaliyah 'An Maddah Al-Lughah Al-'Arabiyyah). Shawtul ‘Arab , 2 (1), 31-42.
Amalya. Dkk.(2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa di Sekolah, vol. 1. No 2.
Arlina dkk, (2023). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Vol. 4, No, 1
Ana Maritsa dkk. Pengaruh Teknologi dalam Dunia Pendidikan, Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan vol 18, no. 2 (2021)
Andi Prastowo. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis dalam Muhammad Ikhsan Mu’minin dkk. Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu, Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia vol. 1, no. 1
Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Cet. 8, (Jakarta: Kencana)
Fahmi, N. (2024). Penerapan Metode Eklektik pada Pembelajaran Al-Arabiyyah Lil Muyassarah pada Mahasiswa Baru Institut Ummul Quro Al-Islami. 10(4).
Fahmi, N., & Apriyanti, I. (2024). Pendampingan Penggunaan Media Alat Peraga Edukatif sebagai Upaya Peningkatan Kosakata Bahasa Arab di SMP Assiroj Bogor. Rayah Al-Islam, 8(2), 417422. https://doi.org/10.37274/rais.v8i2.951
Fahmi, N., & Muta’ali, A. (2021). Problematika Dan Solusi Pembelajaran Bahasa Arab Daring Siswa Smpit Insantama Bogor.
Falah, S., Rizal Mz, S., Fahmi, N., & Ahmad Riva’i, F. (2024). Learning Assistance Program through puzzles to Improve Students’ Arabic Language Skills. Rayah Al-Islam, 8(4), 1835–1845. https://doi.org/10.37274/rais.v8i4.1126
Fatchiatuzahro, F., Zaimah, N. R., & Fahmi, N. (2024). Intensifikasi Evaluasi Maharah Kitabah dengan Media Interaktif Wordwall. Prosiding Konipbsa: Konferensi Nasional Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Arab, 4(1).
Izzuddin Musthafa dan Acep Hermawan, Metodologi Penelitian Bahasa Arab, Cet. 1, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Kaharuddin Ramli, Cara Cepat Menguasai Bahasa Arab: System 24 Kali Pertemuan Parepare: Lembah Harapan Press, 2014)
Mayang Serungke dkk. (2023) Penggunaan Media Audio Visual Dalam Proses Pembelajaran Bagi Peserta Didik Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Volume 6 Nomor 4
Masayu Rosyidah dan Rafiqa Fijra. (2021) Metode Penelitian, Cet. 1, (Yogyakarta: Deepublish)
Mega Nirmala dkk (2024) Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang Siswa Kelas VIII SMPK St. Theresia Kupang. Vol 6. No, 11
Munir. (2017). Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Cet I: PT Fajar Inter Pratama Mandiri
Nadlir dkk.(2024). Peran Media Audio Visual pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Vol 6. No 1
Nursifa dkk. (2022). Jurnal Telekomendasi, Kendali dan Listrik . Kelebihan dan Kekurangan Jenis-jenis Media. Vol 3. No 2.
Santoso, I. (2014). Pembelajaran Bahasa Asing di Indonesia: Antara Globalisasi dan Hegemoni dalam Verren A. H. Pengaruh Bahasa Asing dalam Kinerja Pendidikan. Jurnal Indonesia Sosial Sains, vol. 3, no. 1
Sugiyono. Metode Penelitian antitatif, Kualitatif dan R & D, Cet 27 (Bandung: Alfabeta)
Putria, Aditin. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.