IMPLEMENTASI PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KOPPONTREN UMMUL QURO AL-ISLAMI

Authors

  • Enang Sulaeman Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/ad.v1i2.312

Keywords:

Murabahah, murabahah li al-amri bi al-syira, murbahah li al-amri bi al-syira bi al-wakalah

Abstract

Koppontren UQI adalah salah satu koperasi yang berprinsip syariah hadir di tengah-tengah dewan guru dan karyawan Yayasan Ummul Quro Al-Islami sebagai penyedia pembiayaan berupa pinjaman yang dapat digunakan secara optimal. Pembiayaan murabahah merupakan pembiayaan yang paling diminati oleh anggota, untuk memenuhi kebutuhan konsumtif dan produktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi akad murabahah pada produk pembiayaan murabahah di Koppontren UQI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka dan studi kasus. Akad murabahah yang diaplikasikan di Kopontren UQI adalah akad murabahah li al-amri bi al-syira, dan murbahah li al-amri bi al-syira bi al-wakalah. Akad sejenis ini meruapakan akad murabahah yang digunakan juga di berbabagi LKS dan bank Syariah di Indonesia

References

Syauqoti, R. (2018). Aplikasi akad Murabahah pada lembaga keuangan syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(1).

Lathif, A. (2018). Azharuddin, Konsep dan Aplikasi Akad Murabahah Pada Perbankan Syariah di Indosesia. Jakarta: Buku Tidak Diterbitkan.

Wisnuadhi, B., Mayasari, I., Danisworo, D. S., Munawar, G., Mauluddi, H. A., Firdaus, L. H., & Wirasta, W. (2022). Implementasi Produk Pembiayaan Murabahah di Koperasi Syariah Berkah Kabupaten Bandung Barat. Journal of Applied Islamic Economics and Finance, 2(2), 278-285.

Sahroni, O. (2020). Fikih Muamalah Kontemporer: Jilid 3. Republika Penerbit.

Sahroni, O. (2020). Fikih Muamalah Kontemporer: Jilid 2. Republika Penerbit.

https://dsnmui.or.id/kategori/fatwa/page/4/Murabahah

https://dsnmui.or.id/kategori/fatwa/page/14/Murabahah

Published

2022-03-20

Issue

Section

Articles