POLA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENJAGA KUALITAS KERJA GURU DI MASSA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Wahyu Ziaulhaq Sekolah Tinggi Agama Islam Aceh Tamiang

DOI:

https://doi.org/10.51192/almunadzomah.v2i1.305

Keywords:

Guru, Kepemimpinan, Madrasah

Abstract

Penelitian ini mendeskripsi pola kepemimpinan kepala madrasah dalam  menjaga kualitas kerja guru di massa pandemi covid 19 pada madrasah aliyah swasta persiapan negeri Besitang. Tujuan penelitian ini sebagai edukasi kepada khayalak  pembaca dan guru madrasah agar selalu mengevaluasi kualitas kerja guru agar tetap terjaga meskipun dilanda wabah Covid 19.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang memaparkan fenomena-fenomena sosial yang sedang berkembang pada massa sekarang. Teknik pengumpulan data yang dilakukannya adalah observasi dan wawancara tidak terstruktur kemudian data dianalisis secara objektif dan dideskripsikan secara ilmiah dengan mengikuti prosedur penulisan karaya tulis ilmiah. Dari hasil penelitian ini maka ditemukan; Pertama, melakukan pelatihan kepada para guru madrasah  dalam membuat perencanaan pembelajaran dan model pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi digital. Kedua memberikan tugas kepada  guru untuk menyampaikan materi kepada siswa sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan pemerintah. Ketiga, pimpinan madrasah melakukan pengawasan secara berkala berupa memonitoring proses pembelajaran daring (on line) dan daftar penilaian siswa sesuai dengan kompetensi siswa. Keempat, pimpinan madrsah terus berkoordinasi kepada orang tua siswa terkait dengan aktivitas belajar siswa selama berada di rumah.

References

Buku:

Donni priansa, Kinerja dan Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta, 2014.

Soedijarto, Landasan dan arah Pendidikan Nasional,(Jakarta, Gramedia, 2008)

Jurnal:

A’yuni, Qurrota. 2018. “Pola Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kisaran Dalam Pelaksanaan Pekerjaan Di Kabupaten Asahan.†Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal 7(1):64. doi: 10.31289/jap.v7i1.1265.

Budiono, Shohib. 2016. “Pola Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Gani Tirtoasri Tirtomoyo Wonogiri Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Penelitian Di MA Gani Tirtoasri Tirtomoyo Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/2015.†16(01):1–9.

Dayati, Puji. 2020. “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru Selama Proses Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Di Sd Negeri 72 Bengkulu Selatan.†Endocrine 9(May):6.

Maryati. 2016. “Pola Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Nurul Qur’an Tegalweropucakwangi Pati.†Quality 4(1):163–81.

Pangestu, Sapto. 2021. “Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid 19 Madrasah Ibtidaiyah Kurnia Kota Jambi.†UIN Sulthan Saifuddin Jambi.

Rasyid, Afief Ma’ruf Al. 2014. “Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Era Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Di Mi Tarbiyatul Mustafid Batu Rimpang Tahun Pelajaran 2020/2021).†UIN Mataram.

Ujang Wahyudin, E. Bahrudin, Maemunah Sa’diyah Abstract. 2018. “Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Akhlak Peserta Didik.†Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 11(1):52. doi: 10.32832/tawazun.v11i1.1659.

Published

2022-11-30