IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP NU KAJEN

Authors

  • Nursya Sekar Tanti UIN KH Abdurrahman Wahid
  • Rofiqotul Aeni UIN Kh Abdurrahman Wahid

DOI:

https://doi.org/10.51192/almunadzomah.v2i1.323

Keywords:

Akidah Akhlak, , Karakter Religius, metode pembelajaran

Abstract

Pada zaman sekarang ini masih banyak anak yang memiliki akhlak atau perilaku kurang baik. Baik dari sikap, tingkah laku, maupun tutur kata. Materi pembelajaran akidah akhlak membentuk karakter religius Penelitian ini memiliki tujuan mengenai proses pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak . Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak, dan implementasinya dalam membentuk karakter religius siswa serta faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasinya di SMP NU Kajen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di SMP NU Kajen sudah dilakukan sesuai dengan kurikulum yang berlaku mengacu pada RPP yang digunakan di sekolah meliputi kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.  Adapun implementasinya dalam membentuk karakterik religius siswa dalam proses pembelajaran dilakukan melalui kegiatan do’a bersama pada setiap memulai pembelajaran, pembacaan surat-surat pendek Al-Qur’an, program shalat dhuha dan dzuhur berjama’ah, dan melalui metode keteladanan yang ditunjukan oleh para guru, sehingga diharapkan dengan program-program tersebut serta dorongan dan contoh dari para guru siswa dapat memiliki perilaku dan karakter religius yang baik.

References

Buku:

Moh Roqib, Ilmu Pendidikan Islam (Pengembangan Pendidikan Integrative di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat), Yogjakarta: PT. LKiS Printing Cemerlang, 2009.

Choirul Fuad Yusuf, Kajian Peraturan dan Perundang-Undangan Pendidikan Agama pada Sekolah, Jakarta: Pena Citasatria, 2008.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya pada Lembaga Pendidikan, Cet.II; Jakarta: Kencana, 2012.

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Mudlor Achmad, Etika dalam Islam, Surabaya: Al Ikhlas.

Frankly Gaffar dalam Dharma Kusuma, dkk, Pendidikan Karakter (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya: 2011.

Jurnal:

Dian Mahza Zulina dan Mumtazul Fikri. (2018). Pengelolaan Program Thfidz dalam Pembentukan Karakter Anak di SMP PKU. Ar-Raniry, 35.

Laelatuzzahro, O. R. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Program Tahfidz Al-Qur'an di Sekolah Dasar Islam Assalam Bandar Lampung. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Siti Hertanti, dkk. (2019). Pelaksaanaan Program Karang Taruna dalam Upaya Meningkatkan Pengembangan di Desa Cintaratu Kecamatan Parigi Kabupaten Pagandaran. Jurnal Moderat, 37.

Published

2022-11-30