HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI PADA MAHASISWA KPI IUQI BOGOR

Authors

  • Galih Pratama Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Nurul Octavia Rahayu Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/ja.v1i1.105

Keywords:

Intensitas, Instagram, Media Sosial

Abstract

Kepercayaan diri mempengaruhi kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Intensitas adalah suatu aktivitas seseorang yang berkaitan dengan perasaan yang akan dilakukan secara berulang-ulang. Kesenangan seseorang dalam menggunakan media sosial Instagram memungkinkan seseorang melakukan  berbagai aktivitasnya di Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan dan arah intensitas penggunaan media sosial instagram dengan tingkat kepercayaan diri pada mahasiswa aktif KPI IUQI Bogor. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini termasuk metode statistik deskriptif dengan pendekatan korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah 109 Mahasiswa aktif KPI IUQI Bogor, dan sampel yang digunakan berjumlah 27 Mahasiswa dengan krtiteria pengguna aktif instagram dan berumur 17-20 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan media soial instagram memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat kepercayaan diri mahasiswa KPI IUQI Bogor hal berdasarkan hasil uji korelasi nilai signifikansi atau sig. (2-tailed) sebesar 0,005. Karena nilai sig. (2-tailed) 0,002 < lebih kecil dari 0,05, maka artinya ada hubungan yang signifikan antara variabel intensitas penggunaan media sosial instagram dan tingkat kepercayaan diri dengan tingkat keeratan yang kuat adan arah yang negatif antara dua variabel

References

Al-Uqshari, Y., 2005. Percaya itu pasti. 1 ed. Jakarta: Gema Insani.

Iswidharmanjaya, D, dkk., 2013 Suatu hari menjadi lebih percaya diri, Cet. 1. Jakarta: PT. Elex media komputindo.

Liliweri, A., 2017. Komunikasi Antarpersonal. 2 ed. Jakarta: KENCANA.

Nashrullah, R., 2015. Teori Dan Riset Media Siber. 1 ed. Jakarta: Kencana prenada media group.

Nasional, D. p., 2009. Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia. Bandung: PT Mizan.

Nur, E., 2020. Melejitkan pemasaran UMKM melalui media sosial. 1 ed. Gresik, Jawa Timur: Caremedia Communication.

Sugiyono., 2017 Metode penelitian kauntitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.

LAUSTER, P., 2006. TES KEPRIBADIAN. CET. 16 ED. JAKARTA: BUMI AKSARA.

ARUM S, D., 2020. HUBUNGAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI DENGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP PADA MAHASISWA KEDOKTERAN 2018. JURNAL WANACA PSIKOLOGI, VOLUME VOL 12.

Pratiwi, E. D., 2016. Faktor yang mempengaruhi niat menggunakan instagram dengan the theory of reasoned action menggunakan amos 21. JURNAL TEKNIK KOMPUTER AMIK BSI, Volume Vol II, p. 68.

Sendy, Cicilia. (2016). Pengaruh kepercayaan diri terhadap intensitas penggunaan media sosial pada remaja awal. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Andry, Ivana. 2017. “Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Dengan Harga diriâ€. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

JATMIKA, A. (2013, JUNI 28). 4 ALASAN REMAJA GEMAR SOSIAL MEDIA. RETRIEVED FROM TEKNO TEMPO.CO: HTTPS://TEKNO.TEMPO.CO

Kamus Online. (n.d.). Retrieved from KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia): www.kbbi.web.id

Published

2021-08-01

How to Cite

Pratama, G., & Octavia Rahayu, N. (2021). HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI PADA MAHASISWA KPI IUQI BOGOR. At TAWASUL: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.51192/ja.v1i1.105

Issue

Section

Articles