SAMPAIKAN DARIKU WALAU SATU AYAT: ANALISIS KONTEN DAKWAH ISLAM DAN KOMUNITAS VIRTUAL DALAM AKUN INSTAGRAM @PEJUANGSUBUHBERIMAN

Authors

  • Hilman Fauzi Patahilah Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/ja.v1i2.209

Keywords:

Dakwah Islam, Instagram, Komunitas Virtual

Abstract

Agama Islam telah mengharuskan ummatnya untuk berdakwah dengan cara menyampaikan seruan kebaikan tanpa memandang siapa pelakunya dan dengan cara apa melakukannya. Media baru khususnya media sosial Instagram telah hadir sebagai babak baru dalam menyampaikan pesan dakwah seperti halnya akun @pejuangsubuhberiman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana wacana dakwah Islam yang di gaungkan oleh akun tersebut. Penelitian ini menggunakan metode etnografi virtual dengan mengakses, meneliti, menganalisis langsung media sosial Instagram. Hasil penelitiannya adalah adanya pembentukan komunitas virtual dengan menggiring followers yang notebene nya anak muda menuju jalan hijrah, konten bermuatan fatwa atau hukum yang dalam konten terbarunya sebagian besar berisi penggalan video ceramah ustadz ternama dan ditemukan juga praktik jual beli produk pakaian

References

Moch. Fakhruroji, “Dakwah Di Era Media Baru†Teori Dan Aktivisme Dakwah Di Internet. (Simbiosa Rekatama Media, 2017).

Moch. Fakhruroji., & Muchtar, K. 2018. Campaigning #golkarsolid: Branding Image Strategy of Golkar Party on Social Media. Atlantis Press.

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya. 2017.

Monica Utari, “Pengaruh Media Social Instagram Akun @Princessyahrini Terhadap Gaya Hidup Hedonis Para Foolowersnyaâ€. Jurnal FISIP. Vol. 4 No. 2. 2017.

Lisa Seri Wahyuni, “Pesan-Pesan Dakwah Akun Instagram @Sahabat_Islami Dalam Meningkatkan Kesadaran Keagamaanâ€. Jurnal Media Kajian Komunikasi Islam. Vol. 2 No. 2. 2019.

Zulkifli, The ulama in Indonesia: Between Religious Authority and Symbolic Power. Jurnal Miqat, vol. XXXVII N0. 1 januari-juni 2013

Moch Fakhruroji, “Belajar Al-quran Kapan Saja, Dimana Saja: Kampanye Platform QuranCall PPPA Darul Quran melalui Instagramâ€. UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. Vol. 2 No. 2. 2020.

Patrick Haenni, ―The Economic Politics of Muslim Consumption,‖ dalam Muslim Societies in The Age of Mass Consumption, ed. oleh Johanna Pink (Newcastle: Cambridge Scholars, 2010).

Asef Bayat, Pos-Islamisme (Yogyakarta: LKiS, 2011), 277–78; Julia Day Howell, ―Modulations Of Active Piety: Professors And Televangelists As Promoters Of Indonesian,‖ dalam Expressing Islam : religious life and politics in Indonesia, ed. Oleh Greg Fealy dan Sally White (Singapore: Institute of Southeast Asian Studies, 2008).

https://tekno.tempo.co/read/1086674/8-aplikasi-populer-yang-banyakdigunakan-di-indonesia

https://www.youtube.com/watch?v=DF5SgxCz0iY

https://tekno.tempo.co/read/1086674/8-aplikasi-populer-yang-banyakdigunakan-di-indonesia

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20180225163251-33-5380/10-youtuber-indonesia-dengan-penghasilan-miliaran-rupiah

https://www.bantenraya.com/citizen/amp/pr-1272181357/profil-ustadz-handy-bonny-pendakwah-nyentrik-dan-stylish

https://hello.web.id/shift-gerakan-hijrah-bandung/

https://m.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform-berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya?

https://www.google.com/amp/s/www.detik.com/edu/detikpedia/d-5643483/4-contoh-caption-dalam-bahasa-inggris-lengkap-dengan-tipsnya/amp

https://www.seniberpikir.com/fitur-terbaru-instagram/?amp

Published

2022-02-01

How to Cite

Fauzi Patahilah, H. (2022). SAMPAIKAN DARIKU WALAU SATU AYAT: ANALISIS KONTEN DAKWAH ISLAM DAN KOMUNITAS VIRTUAL DALAM AKUN INSTAGRAM @PEJUANGSUBUHBERIMAN. At TAWASUL: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2), 72-82. https://doi.org/10.51192/ja.v1i2.209

Issue

Section

Articles