PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DI MTs UMMUL QURO AL-ISLAMI

Authors

  • Fuad Ahmad Riva'i Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Nurhasni Maulidiya Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v1i1.119

Keywords:

Discipline, Head of Madrasah, Leadership Style

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh gaya kepemimpinan kepala Madrasah untuk dapat memberikan peran dalam peningkatan kedisiplinan guru di Madrasah. Penelitian bertujuan untuk dapat memperoleh data empirik mengenai pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap kedisiplinan guru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian adalah guru Madrasah Tsanawiyah Ummul Quro Al-Islami yang berada pada kategorisasi lulusan SMA/sederajat, sarjana dan magister. Sampel yang digunakan sebanyak 91 responden dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan secara umum persentase gaya kepemimpinan kepala Madrasah sebesar 98.9%  dan kedisiplinan guru sebesar 92.3% berada pada kategori sedang. Untuk gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh kepala Madrasah MTs Ummul Quro Al-Islami adalah bertipe demokratis dengan persentase sebesar 93.4%. Hasil pengujian hipotesis diperoleh sig. < alpha, sehingga gaya kepemimpinan kepala Madrasah berkorelasi dengan kedisiplinan guru. Implikasi Madrasah dalam upaya meningkatkan kedisiplinan guru perlu memperhatikan gaya kepemimpinan kepala Madrasah yang dapat memberikan pengaruh dalam peningkatan kedisiplinan guru meskipun saat ini baru dapat memberikan pengaruh sebesar 18.6% dan sisanya 81.4% masih dipengaruhi oleh faktor lain

References

Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: Diponogoro.

Azwar, 2017. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Falah, Saiful. 2012. Rindu Kepemimpinan M. Natsir. Jakarta: Republika Penerbit.

Bass B.M & R. Bass, 2011. Handbook of Leadership: Theory, Research, and Managerial Application. New York: Free Press.

Ebta Setiawan. KBBI online, 2012-2018 versi 2.3 Database Utama, Hak Cipta Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud (Pusat Bahasa). https:kbbi.web.id/pimpin, diunduh pada tanggal 15 November 2020 pukul 17.00 WIB.

Hasibuan, SP Melayu, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Ma’mur Asmanal. 2011. Jurnal Tips Menjadi Guru Inspiratif Kreatif Dan Inovatif. Jakarta: Diva press.

Nurzazin,2011. Kepemimpinan Transformasional Plus Memahami Politik Mengelola Konflik Organisasi. Yogyakarta: Aswaj Pressindo.

Peter, P. Schoderbek dan Asterios G. Kefalas, 1990. Management System Conseptual Considerations. Boston: Homewood.

Prijodarminto Soegeng, 2017. Disiplin, Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Abadi.

Rivai, Veithzal dan Ella Jauvani Sagala, 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Riyad, Muhammad, 2018. Manajemen Pendidikan:Teori Dan Aplikasinya Di Sekolah, Bogor: Langit Arbitter.

Setiawan, Budi, dan Waridin. 2006. Pengaruh Disiplin Kerja Karyawan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja di Divisi Radiologi RSUP Dokter Kariadi Semarang, Vol. 2 No. 2.

Sugiyono, 2017. Motode Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

T. Hani Handoko, 2014. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE,200.

Tampubolon, Biatna Dulbert. Analisis Faktor Gaya Kepemimpinan dan Faktor Etos Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Organisasi yang telah Menetapkan SNI 19-9001-2001, Jurnal Standarisasi Vol. 9 No 3, 2007.

Thoha, Miftah, 2012. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindon Persada.

Tu’u, Tulus, 2017. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Grasindo.

Yulk G, 2010. Leadership In Organization. New Jersey: Pearson.

Published

2021-08-28

How to Cite

Ahmad Riva’i, F., & Maulidiya, N. (2021). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DI MTs UMMUL QURO AL-ISLAMI. TADBIRUNA, 1(1), 24-33. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v1i1.119

Issue

Section

Articles