STRATEGI PEMASARAN FASHION HIJAB DI ERA GEN Z DALAM PERSEPEKTIF EKONOMI SYARIAH PADA TOKO VEE STORE HIJAB FASHION MARKETING STRATEGY IN THE GEN Z ERA FROM THE PERSPECTIVE OF SHARIAH ECONOMICS AT VEE STORE

Main Article Content

Mira Andini
Abizar
Ulil Albab
Mawardi

Abstract

Media sosial adalah komponen utama yang mempengaruhi tren fashion hijab di kalangan generasi Z. Tujuan penelitian ini menganalisis dampak perkembangan media sosial terhadap pemasaran fashion hijab kepada generasi Z dan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memahami bagaimana pemasaran fashion hijab di era GenerasiZ. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur,di mana peneliti dapat menggali lebih jauh pandangan dan pengalaman subjek terkait dengan topik yang dibahas. Pemilik toko hijab menekankan bahwa nilai-nilai Islam seperti kejujuran,dan kesederhanaan menjadi landasan bisnis mereka. persaingan dalam industri fashion hijab sangat ketat. tantangan utama adalah bagaimana bersaing dengan brand hijab lain yang menawarkan produk serupa dengan harga lebih murah.e-commerce dan teknologi digital membuka peluang besar bagi bisnis mereka. Pemasaran fashion hijab di era Gen Z mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap gaya hidup Islami yang modern. Dalam perspektif Islam,fashion hijab bukan hanya sekedar trend mode, tetapi juga manifestasi dari identitas religius yang mencerminkan kepatuhan terhadap syariat.

Article Details

Section
Articles

References

Ariyani, N. I., & Nurcahyono, O. (2018). DIGITALISASI PASAR TRADISIONAL: PERSPEKTIF TEORI PERUBAHAN SOSIAL. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1). https://doi.org/10.20961/jas.v3i1.17442

Agustiara, Seli, Ulil Albab, and Mawardi Mawardi. "Creative Economic Development As An Attraction Of The Natar Hot Springs." Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 4 (2023): 3569-3577.

Albab, Ulil, and Wulandari Wulandari. "Strategi Pengelolaan Wakaf Produktif Dalam Rangka Pemberdayaan Umat Di Kecamatan Terbanggi Besar." In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, vol. 1, pp. 373-383. 2019.

Albab, Ulil. "EKSPLORASI EKONOMI BERKELANJUTAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM: STUDI KASUS, STRATEGI DIGITAL, KREATIVITAS, LITERASI." Insight Mediatama (2023).

Albab, Ulil. "KEADILAN PENDAPATAN DENGAN PENGUPAHAN SISTEM BAGI HASIL." Mu'amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah 6, no. 2 (2023): 44-55.

Albab, Ulil. "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah (Studi di Bank Sampah BANGKIT Pondok 1 Widodomartani, Ngemplak, Sleman DI Yogyakarta)." Mu'amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah 2, no. 1 (2019): 47-59.

Aprianti, Putri Yudini, Ulil Albab, Mawardi Mawardi, and Feri Irawan. "PRAKTEK JUAL BELI ARANG DI BANDAR JAYA PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM." Jurnal Ekonomi Syari'ah 6, no. 02 (2023): 30-39.

Astria, Y. (2019). Analisis Produk Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Menurut Perspektif Ekonomi Islam. In Skripsi UIN Raden Intan Lampung.

Andayani, Lilis, and Rahmi Handayani. 2021. Pengaruh Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Terhadap Pemasaran Brand Hijab Ria Miranda Di Kota Jambi.J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains) 6 (2): 536. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i2.322.

Abdurrofi, Fida, Ulil Albab, Mawardi Mawardi, and Sri Choiriyati. "Utilization of Digital Marketing by Sharia Economics Students at UIN Raden Intan in Online Business." ProBusiness: Management Journal 14, no. 4 (2023).

Agustiara, Seli, Ulil Albab, and Mawardi Mawardi. "Creative Economic Development As An Attraction Of The Natar Hot Springs." Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 4 (2023): 3569-3577.

Amorcha, Videa Dinda, Ulil Albab, Nina Ramadhani Wulandari, Abizar Abizar, and Muhammad Rizkal Fajri. "Implementasi Akad Gadai Sawah Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Desa Durian Kebupaten Pesawaran)." Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 6 (2023): 4834-4842.

Aprianti, Putri Yudini, Ulil Albab, Mawardi Mawardi, and Feri Irawan. "PRAKTEK JUAL BELI ARANG DI BANDAR JAYA PERSEPEKTIF EKONOMI ISLAM." Jurnal Ekonomi Syari'ah 6, no. 02 (2023): 30-39.

Amorcha, Videa Dinda, Ulil Albab, Nina Ramadhani Wulandari, Abizar Abizar, and Muhammad Rizkal Fajri. "Implementasi Akad Gadai Sawah Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Desa Durian Kebupaten Pesawaran)." Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 6 (2023): 4834-4842.

Creswell, J. W. (2019). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Terjemahan). In Jakarta: Pustaka Pelajar.

Faruq, Muhammad, Ulil Albab, and Heri Sutopo. "PENGUATAN EKONOMI MASYARAKAT BERBASIS FILANTROPI ISLAM DI LEMBAGA KEAGAMAAN." Mu'amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah 7, no. 1 (2024): 41-51.

Febriansyah, Rezki, Ulil Albab, and Sri Choiriyati. "Digital Marketing Strategy PT. Dewangga Travindo (Hajj and Umrah Agent)." El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 5, no. 3 (2024): 1718-1726.

Handayani, T., Pusporini, P., & Resti, A. A. (2023). Analisis Strategi Digital Marketing Usaha Mie Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Jesya, 6(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.889

Hariyanti, Novi Tri. 2018. PENGARUH INFLUENCER MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL ERA MODEREN (SEBUAH STUDI LITERATUR).” https://www.researchgate.net/publication/339787291.

Masyithah, Siti, Ulil Albab, and Nina Ramadhani. "Strategi Pemasaran Dalam Pengembangan Usaha Toko Dikromoshop Perspektif Ekonomi Islam." Mu'amalatuna: Jurnal Ekonomi Syariah 5, no. 2 (2022).

Ningtyas, Dyah Ayu, Ulil Albab, and Nina Ramadhani Wulandari. "Tinjauan Hukum Islam Terhadap Prkatik Gadai Emas di Bank Syariah Indonesia Cabang Lampung Tengah." Al-Mizan: Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam 8, no. 1 (2024): 18-32.

“NOTA DINAS.” n.d. Nugroho, Anggi Septia, and Ulil Albab. "The Impact of Economics Education on The Frugal Lifestyle Attitude of 12th-Grade Students." Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9, no. 1 (2024): 141-146.

Ningtyas, Dyah Ayu, Ulil Albab, and Nina Ramadhani Wulandari. "Tinjauan Hukum Islam Terhadap Prkatik Gadai Emas di Bank Syariah Indonesia Cabang Lampung Tengah." Al-Mizan: Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam 8, no. 1 (2024): 18-32.

Nurlela, Nurlela, Ulil Albab, and Heri Sutopo. "Efforts of the Indonesian Waqf Board in Bandar Lampung City in Socializing Monetary Waqf Literacy." ProBisnis: Jurnal Manajemen 14, no. 4 (2023): 208-212.

Rabi’ah, & Agustina, M. (2021). Konsep Barakah dalam Tradisi Pendidikan Islam. Modernity: Jurnal Pendidikan Dan Islam Kontemporer, 2(2).

Reka, Novia, Ulil Albab, and Sofyan Harahap. "Tinjauan Transaksi Produk di Bank Sampah Sejahtera Kemiling Perspektif Ekonomi Islam." El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 (2024): 1240-1249.

Reka, Novia, Ulil Albab, and Sofyan Harahap. "Tinjauan Transaksi Produk di Bank Sampah Sejahtera Kemiling Perspektif Ekonomi Islam." El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 (2024): 1240-1249.

Saputra, Tommy, Ulil Albab, and Heri Sutopo. "Implementation of Halal Certification for Segar Doger Poncowati Products." ProBisnis: Jurnal Manajemen 14, no. 4 (2023): 254-257.

Saputra, Tommy, Ulil Albab, and Heri Sutopo. "Implementation of Halal Certification for Segar Doger Poncowati Products." ProBisnis: Jurnal Manajemen 14, no. 4 (2023): 254-257.

Shadrina, Alliza Nur, Muhammad Anwar Fathoni, and Tati Handayani. 2021. “TERHADAP PREFERENSI FASHION HIJAB” I (2).

Sudarmi, Murtiadi Awaluddin, Agus Syam, and Mahmuddin. 2024. “Tren Fashion Syariah Dalam Digitalisasi Marketing Di Era Milineal Dan Gen Z.”Economic Reviews Journal 3 (3). https://doi.org/10.56709/mrj.v3i3.329.

Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D, 2015.

Sahla, Hilmiatus, Fakultas Ekonomi, Ekonomi Pembangunan, Universitas Asahan, Jl Jend, Ahmad Yani Kisaran, and Sumatera Utara. n.d. “KONSEP PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.” Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan 5:2019. www.universitasasahan.ac.id.

Ulfa, Fatonah, Ulil Albab, and Mawardi Mawardi. "PUBLIC UNDERSTANDING OF THE WADI'AH AGREEMENT AND THE DECISION TO SAVE AT INDONESIAN SHARIA BANK." Widya Balina 8, no. 2 (2023).