MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN BIDANG USAHA PESANTREN MELALUI KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA INCREASING CUSTOMER SATISFACTION IN THE ISLAMIC BOARDING SCHOOL BUSINESS FIELD THROUGH SERVICE QUALITY AND PRICES
Main Article Content
Abstract
Realizing the economic independence of Islamic boarding schools is now the main agenda. This can be achieved by building a business that focuses on customer needs and preferences. Business continuity can also be guaranteed by continuing to improve the quality of services provided. The existence of research phenomena and gaps regarding different research results intrigued the author to test these variables at Darunnajah Fried Chicken. Quantitative research method with 100 respondents using smart PLS 4.1.0.2 data analysis. From the research days it was found that price has no effect on customer satisfaction, price has a positive and significant effect on service quality. Service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction. Service quality is able to mediate between price and customer satisfaction. Service quality and price can influence customer satisfaction by 28.1%, while the remainder (71.9%) is influenced by variables not studied.
Article Details
References
Arsyad, M. R. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. 8(2), 183–197.
Budiarno, Udayana, I. B. N., & Lukitaningsing, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(02), 226–233.
Fauzi, A., Setyawan, I., Rahma, S. A., Harnanti, N., Linda, A., & Opusunggu, S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan. Portofolio, Jurnal Manajemen Bisnis, 1(3), 219–227.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. (5rd ed)itle. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2021). No TitlePartial Least Squares, Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 untuk Penelitian Empiris.
Hafidz, G. P., & Muslimah, R. U. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek, Kepercayaan Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Herbalife. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 7(1), 253–274.
Haris, A. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Economics and Digital Business Review, 4(2), 334–348.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran (Edisi 13 J). Erlangga.
Latifah, N. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas melalui Keuasan Pelanggan pada Restoran Padang di Kota Makasar. Universitas Hasanuddin.
Manaf, S., & Mahmudi, I. (2015). Tak Lelah Menjaga Amanah. Darunnajah Pres.
Mastur, M. (2023). Pengaruh penempatan terhadap kinerja pegawai melalui komitmen organisasional di Pondok Pesantren. Jurnal Integrasi Sumber Daya Manusia, 1(2), 63–73. https://doi.org/10.56721/jisdm.v1i2.144
Pramesti, M. A., & Chasanah, U. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Bina Bangsa Ekonomika, 14(02), 281–287. https://doi.org/10.46306/jbbe.v14i2.76
Putri, N. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Ashari, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produksi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. JOCE, 15(1), 30–14.
Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang Smarphone Oppo. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan FAIR VALUE, 4(3), 1651–1667.
Ronasih, M. Y., & Widhiastuti, H. (2021). Kualitas pelayanan, faktor emosional dan persepsi harga terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen. 5, 109–130.
Sari, R. F., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada D’sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1801–1812.
Saripudin, A., Oktriawan, W., & Kurniasih, N. (2021a). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Saung Manglid. 1(1), 48–57.
Saripudin, A., Oktriawan, W., & Kurniasih, N. (2021b). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Saung Manglid. Jurnal Muttaqien, 2(1), 48–57.
Silvana, M., & Lubis, D. (2021). Faktor yang Memengaruhi Kemandirian Ekonomi Pesantren (Studi Pesantren Al-Ittifaq Bandung). Al-Muzara’ah, 9(2), 129–146.