ANALISIS MAQASHID SYARIAH PEMANFAATAN SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN ONLINE PADA PELAKU WIRAUSAHA

Main Article Content

Azizah Mursyidah
Siti Maspupah

Abstract

This study aims to determine the analysis of maqashid sharia on the use of smartphones as an online marketing medium for entrepreneurs during the Covid-19 period. As for the maqashid sharia, according to Imam Al-Ghazali, it is reflected in five main things, namely hifdz ad-Din (safeguarding religion), hifdz an-Nafs (safeguarding the soul), hifdz al-aql (safeguarding the mind), hifdz al-Mal (safeguarding property) , and hifdz an-Nasl (guarding offspring). The research method used is descriptive qualitative, data collection was carried out using interviews and questionnaires. The sample of this study was 30 participants, with the sampling technique in this study used on the basis of non-probability sampling with purposive sampling technique, namely samples taken with certain considerations/criteria, and snowball sampling, namely the addition of the sample was stopped when the data was saturated. or from various informants, both old and new, not providing any new data. The results of this research are the analysis of Maqashid Syariah on the use of smartphones as an online marketing medium for entrepreneurs in 3 villages which fall into the very appropriate category with an average percentage of 92%. There were obstacles faced by entrepreneurs in the 3 covid-19 villages causing a decline in the community's economy which resulted in reduced consumer buying interest, because the community prioritized or prioritized buying basic daily needs; the number of new competitors, the high cost of operations and raw materials, the presence of covid-19 financial reports or entrepreneurial income is decreasing, this is a threat to entrepreneurs

Article Details

Section
Articles

References

Al-Qur’an Kariim

Ajimat , Sunarsi, D., & Pambudi , F. S. (2020, November). Berwirausaha Memanfaatkan Media Sosial Pada Daerah Sepatan. (Ajimat, D. Sunarsi, & F. S. Pambudi , Eds.) adi pengabdian kepada masyarakat, Vol.1.

Aprilianty, E. (2012). Pengaruh kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa SMK.

Aziz, M. R., Haq, D., Meilani, & Zahroh, A. S. (2020). Upaya meningkatkan motivasi berwirausaha yang berbasis online pada masyarakat desa tanjakan.

Beta, N. (2019). Pengaruh pemesaran online terhadap keputusan pembelian keripik dangke.

Cahya, D. A., Aqdella, A. F., Jannah, Z. A., & Setyawati, H. (2021). Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Di Tengah Pandemi Covid-19. 505-506.

Gultom, W. A., & Putriani, A. D. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Strategi Meningkatkan Penjualan Online Di Masa Covid-19 Melalui Sosial Media Bagi UMKM di Kabupaten Lahat.

Herlina, V., & Zam, Z. E. (2022). Pemanfaatan Smartphone Sebagai Sarana Promosi Batik Incung, Jambi.

Isni, N. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Untuk Business Online Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Palopo.

Kurnia, A., & Asiah, N. (2021). Integrasi Strategi Pemasaran Online dan Operasional Bisnis Komunitas Wanita Wirausaha Dalam Meningkatkan Inovasi Produk.

Mafiroh, A. (2018). Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Transaksi Jual Beli Online Dengan Sistem Rekening Bersama.

Mahliza, I., Husein, A., & Gunawan, T. (2020). analisis strategi pemasaran online. vol.1, no.3, 253.

Mandias, F. G. (2017). Analisis pengaruh pemanfaatan smartphone terhadap prestasi akademik mahasiswa fakultas ilmu komputer universitas klabat.

Miranda, S. R. (2018). Pemanfaatan Smartphone Dalam Meningkatkan Kinerja Jurnalis Kampus (Studi pada unit kegiatan pers mahasiswa sumberpost).

Mohamad, R., & Rahim, E. (2021, April). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dalam Perspektif Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Nasution, D. A., Erlina, & Muda, I. (2020, Juli). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita.

Novia, C., Hendriana, F. M., Vionata, F. A., Ida, I. A., Damaiyanti, I. C., Maula, I., et al. (2021, September-Desember). PKM Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana promosi bagi UKM kripik singkong gazal makmur didesa kotaanyar pada masa new normal. Journal of Community Engagement, Vol.2.

nurani, & widhajati. (2019). strategi pemasaran online terhadap peningkatan penjualan umkm di plut kumkm tulungagung. jurnal benefit, vol.6.

Nurhikmah. (2020). Pengaruh pengunaan smartphone terhadap interaksi sosial murid kelas tinggi mis rembon kecamatan rembon kabupaten tana toraja.

Nuriawati. (2021). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Pemasaran dalam Bisnis Syariah. Jurnal Ekonomi Islam.

Nurlita, R. (2018). pemanfaatan instagram sebagai media pemasaran online pada mata kuliah kewirausahaan.

pertama, e. g., harpito, kusumanto, i., & zulmiriyanto. (2018). analisis pengaruh smartphone (gadget) terhadap peningkatan prestasi akademik mahasiswa sains dan teknologi. media ilmiah teknik industri, vol.17.

Puspitasari, D. (2022). Analisis pengembangan kewirausahaan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 menurut perspektif ekonomi islam (Studi pada pelaku usaha keripik pisang di jalan pagar alam kota bandar lampung).

Putri, M. C. (2018). Pengaruh Promosi Online dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.

Putri, R. N. (2020, Juli). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi.

Rahayu, S., Irvan, A. P., Anggraini, S., Wulandari, R., Evanita, S., & Friyatmi. (2021). Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Penjualan di Anne Kamper's Pariaman.

Rahima, I., Junaedi, D., & Evinovita. (2021). Strategi Pemasaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Penerimaan Peserta Didik di SMK Al Hafidz Leuwiliang.

Sahara, S.Pd.,M.Pd.E. (2021, agustus). pemanfaatan smartphone dalam menerapkan marketing 4.0 berdasarkan teori difusi inovasi. 9 no.2, 159.

Shidiq, G. (n.d.). Teori Maqashid al-syariah dalam hukum islam , 119-120.

Shoss, M., Horan, K., Distaso, M., LeNoble, C., & Naranjo, A. (2021). The Conflicting Impact of COVID-19's Health and Economic Crises on Helping. journals.sagepub.

Sobry, M. (2017, oktober). peran smartphone terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. jurnal penelitian guru indonesia, vol.2, 24.

Sudirwo, Nurriqli, A., & Risanta, M. (2021). Pemanfaatan Instagram Bagi Pengembangan Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Banjarbaru.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Syafira, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online Pada Busana Muslim Siva di Sidoarjo.

Udayani, S. N. (2021). Edukasi Pemanfaatan Internet Untuk Wirausaha Online di Lembaga Pemasyarakatan Sebagi Strategi Penyaluran Keterampilan Narapidana di Tengah Pandemi Covid-19.

wahyujatmiko, s., & hadi, i. y. (2018, oktober). manajemen pemasaran online makaroni huhhah yogyakarta. jurnal bisnis teori implementasi, vol.9.

Wahyuni, N. (2022). Penggunaan Sosial Media Dalam Usaha Jual Beli Berbasis Online Perspektif Islam .

Widayanti, R. E., & Oktafia, R. (2021, mei). strategi pemasaran berbasis online pada produk badan usaha milik desa (bumdes) "sukses bersama" desa sugihwars kabupaten sidoarjo. islamic banking anf finance, Vol.4, 243.