IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN PRODUK SARI KURMA AL-JAZIRA (CV. AMAL MULIA SEJAHTERA) PADA PENGUSAHA MUSLIM
Main Article Content
Abstract
Pemasaran syariah dapat diartikan bahwa perusahaan yang berbasis syariah diharapkan dapat bekerja dan bersikap profesional dalam dunia bisnis. Pemasaran syariah berperan dalam pemahaman akan pentingnya nilai-nilai etika dan moralitas pada pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran syariah pada CV.Amal Mulia Sejahtera. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan Teknik analisis data menggunakan metode analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi pemasaran syariah untuk produknya sendiri yaitu memiliki kualitas yang baik dan halal yang sudah memiliki lisensi, harga yang ditawarkan pun sesuai dengan kualitas produknya, untuk tempat dan distribusi nya dilakukan dengan cepat dan tepat, promosi yang dilakukan pun yaitu dengan menginformasikan sesuai fakta dengan menerapkan sikap kejujuran dan mengedepankan syariat Islam. Strategi pemasaran syariah yang efektif untuk diterapkan yaitu Peningkatan kualitas dan kuantitas, produk Menjaga kepercayaan pelanggan untuk terus meningkatkan penjualan produk ,Peningkatan inovasi dengan melibatkan kemitraan serta menstabilisasi kualitas sebagai olahan herbal, Mengoptimalkan promosi dan kuantitas produk dalam meningkatkan pangsa pasar, Memanfaatkan teknologi yang digunakan pelanggan dengan baik dan melakukan promosi yang terarah melalui online maupun offline, Peningkatan kualitas dan kuantitas produk, Memperluas jangkauan distribusi dan penjualan, Meningkatkan produksi produk pada setiap distributor
Article Details
References
Agustin, H. (2018). Studi Kelayakan Bisnis Syariah. Depok: Rajawali Pers.
Budiman, T. (2017). Analisis SWOT Pada Usaha Kecil dan Menengah. Skripsi, 60.
Fanzuri, A. (2022). Efektivitas Strategi Pemasaran Syariah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pusat Oleh-Oleh Khas Kota Bengkulu dalam Menghadapi Era New Normal. Skripsi, 11-30.
Fadilah,(2018). Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Penerapan Sistem Agribisnis Terhadap Produksi Pada Petani Padi Dikecamatan cimanggu Kabupaten Cilacap. Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, 2, 88-90
Hafidhuddin, D., & Tanjung, H. (2010). Manajemen Syariah dalam Praktik. Jakarta: Harahap
Hasan, A. (2010). Marketing Bank Syariah Bogor. Bogor: Ghalia Indonesia, Gema Insani.
Hasanah, N. R., & Rosali. (2020). Strategi Pemasaran UMKM Coffee Shop di Kemang Jakarta. 514-531.
Mun'im, M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Syariah Dan Etika Bisnis Islam Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk PT. Berkat Mukmin Mandiri Sidoarjo. Skripsi, 14.
Ningsih, D. D., & Maika, M. R. (2020). Strategi Bauran Pemasaran 4P dalam Menentukan Sumber Modal Usaha Syariah Pedagang Pasar di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6, 1-3.
Putra, Purnama, and Wiwik Hasbiyah. 2018. Teori dan Praktik Pemasaran Syariah. Depok: Raja Grafindo.
Suryana. 2010. Manajemen Strategik. Bandung: Yrama Widya.
Syivana, A., Awaludin, M., & Mutahajid, A. (2019). Model Strategi Pemasaran Berdasarkan Keuntungan Pengembangan Properti Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5, 267.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trimulato. (2017). Analisis Potensi Produk Masyarakat Terhadap Pembiayaan Sektor Riil. Jurnal Ekonomi & Studi Pengembangan, 178.