EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS XII DI SMA N 2 PLUS PANYABUNGAN

Main Article Content

Rohman

Abstract

Penilaian merupakan elemen penting dalam sebuah proses pembelajaran. Bila proses pembelajaran memiliki sumbangsih besar dalam meningkatkan dan mengembangkan aspek spiritual peserta didik, maka evaluasi berfungsi dalam menyalurkan informasi untuk memberikan penilaian terhadap keberhasilan belajar peserta didik. Tanpa proses evaluasi, maka informasi tentang pelaksanaan pembelajaran peserta didik tidak akan diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama, rencana evaluasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) kelas XII di SMA N 2 Plus Panyabungan. Kedua, mengetahui penerapan evaluasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII di SMA N 2 Plus Panyabungan. Ketiga, mengetahui hasil dari evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII di SMA N 2 Plus Panyabungan dan feedback yang diperoleh. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang ditemukan diolah dan dianalisis secara induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan evaluasi dirumuskan dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang menetapkan metode penilaian pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Secara umum pelaksanaan evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti telah berjalan sesuai dengan rencana dan rumusan yang telah ditetapkan dalam RPP. Namun dalam proses evaluasi masih belum dapat menyeimbangkan antara nilai kognitif, afektif dan psikomotorik dalam menginput nilai pada rapor.

Article Details

Section
Articles

References

Abdussyukur, Mursyidi, Nicolas, D. G., Syarfuni, & Muflihah, S. (2023). Learning Process for Islamic Religious Education Based on Minimum Service Standards for Education. Tafkir: Interdiciplinary Journal of Islamic Education, 4(3), 458–472.
Al-Attas, M. N. (1990). The Intuition of Existence: A Fundamental Basis of Islamic Metaphysics.
Alinata, R., Sari, W. A., & Putri, Y. K. (2024). Makna Pendidikan Dalam Perspektif Islam dan Relevansinya Dengan Pendidikan di Indonesia. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(3), 169-182.
Arifa, Y., Kamal, M., Wati, S., & Aprison, W. (2023). Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 28–35.
Arikunto, S. (2005). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
_____________. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Calista, W. (2019). Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik Tema Sumber Energi Kelas III Di MI Negeri 1 Yogyakarta. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 196–203.
Kurniawan, M. A., Pirman, P., & Rosmiyati, S. (2024). Optimalisasi Kompetensi Guru dalam Mendukung Kebijakan Profil Pelajar Pancasila. BERDAYA: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 385-400.
Lickona, T. (2013). Educating for Character How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility: Mendidik untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab (U. Wahyudin, Ed.). PT Bumi Aksara.
Moeloeng, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Novita, N. N. I. (2023). Penguatan etika digital melalui materi “Adab menggunakan media sosial” pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik menghadapi era Society 5.0. Journal of Education and Learning Sciences, 3(1), 73-93.
Parhan, M., Budiyanti, N., & Kartiko, A. (2024). Transformative Pedagogy: Islamic Religious Education Model for Society 5.0 Amidst the Industrial Revolution. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 5(2), 344–359.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suriyati, Rama, B., Siraj, A., U, M. S., & Syamsudduha, S. (2023). Implementation of Integrated Quality Management Islamic Education in Madrasah Aliyah. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(1), 95–112.
Syahri, A., Rejekiningsih, T., & Santosa, E. B. (2023). Inovasi melalui learning management system (LMS): Studi awal di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM). Journal on Education, 6(1), 8719-8729.
Tantowi, H. A. (2022). Pendidikan Islam di era transformasi global. PT. Pustaka Rizki Putra.
Ulwan, A. N. (1988). Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam (S. Kamalie & H. N. Ali, Eds.). asy-Syifa’.
Wahyuni, S., & Sanchita, B. (2022). Strategy of Islamic Religious Education Teachers in Increasing Student Learning Motivation. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(2), 229–249.
Zulkifli, Z. (2018). Pendidikan dan Penilaian dalam Pendidikan Agama Islam. Universitas Negeri Surabaya.