STRATEGI EFEKTIF DALAM MENGATASI STRES DAN BURNOUT PADA PENDIDIK DAN STAF DI LINGKUNGAN SEKOLAH
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas dan sistematis tentang strategi mengatasi stres dan burnout pada guru dan staf di lingkungan pendidikan. Penelitian ini berawal dari perhatian peneliti terhadap kondisi kesejahteraan psikologis guru dan staf di lembaga pendidikan, yang sering kali mengalami tekanan akibat beban kerja yang tinggi serta perubahan administrasi yang terus menerus. Stres dan burnout dapat mengganggu kinerja mereka, yang pada akhirnya berdampak pada kualitas pembelajaran dan kebahagiaan peserta didik. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menawarkan strategi yang efektif bagi guru dan staf dalam mengelola stres dan burnout. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi di SD Alfa Centauri Bandung. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi pada stres dan burnout, serta untuk menemukan solusi yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat membantu mengurangi stres dan burnout, antara lain: (1) Budaya organisasi yang mendukung kesejahteraan psikologis menjadi kunci utama dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat, (2) Pelatihan mengenai kesehatan mental yang dapat membantu guru dan staf untuk mengelola kondisi psikologis mereka agar tetap seimbang, dan (3) Pemberian reward atau penghargaan yang dapat menjadi motivasi positif dalam menjaga kesejahteraan serta kinerja mereka selama bekerja. Penelitian ini juga menekankan pentingnya manajemen stres dalam mencegah dampak negatif dari stres dan burnout terhadap kesejahteraan mental guru dan staf. Kesimpulan penelitian ini adalah menciptakan kesejahteraan psikologis melalui berbagai strategi yang tepat sangat penting untuk mendukung kesehatan mental guru dan staf di lingkungan pendidikan. Strategi tersebut tidak hanya bermanfaat bagi para pendidik itu sendiri, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada peserta didik.
Article Details
References
Aisy, Richadatul, and M Tahajuddi Ghifary. 2023. “IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN GEN Z DALAM MENANGGULANGI BORNOUT DI LINGKUNGAN KERJA” 1 (12).
Alamsyah, Rizki Zuharudin, and Siti Mulyani. 2020. “Hubungan Antara Dimensi-Dimensi Iklim Organisasi Sekolah Dengan Burnout Pada Guru SMP Di Kecamatan Pagentan, Banjarnegara, Jawa Tengah.” Ecopsy 7 (1): 373762.
Alfian, Ferri, Muhammad Adam, and Mahdani Ibrahim. 2018. “Pengaruh Keterlibatan Kerja, Beban Kerja Dan Konflik Peran Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Aceh.” Jurnal Manajemen Inovasi 8 (2).
Asih, Gusti Yuli, Hardani Widhiastuti, and Rusmalia Dewi. 2018. “Stres Kerja.”
Bintang, Adnan, and Sita Rositawati. 2022. “Studi Deskriptif Brunout Pada Guru Yang Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh.” In , 2:29–37.
Fatchurahman, M, Karyanti Karyanti, and M Andi Setiawan. 2022. “Burnout Konselor.”
Harahap, Nurma Aini. n.d. “MANAJEMEN STRESS KERJA PADA KARYAWAN PERUSAHAAN.”
Hasudungan, Anju Nofarof. 2022. “Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan.” Jurnal DinamikA 3 (2): 112–26.
Ibnu, Faiza, Indah Lestari, and Hesty J Maartje. 2023. “Analisis Reinforcement Dan Beban Kerja Terhadap Burnout Pada Perawat Pelaksana (Primary Nursing) Di Rumah Sakit Umum Daerah Wamena.”
Muliawati, Anggi. n.d. “Jokowi: Tingkat Stres Guru Lebih Tinggi dari Pekerjaan Lainnya.” detiknews. Accessed October 24, 2024. https://news.detik.com/berita/d-7055691/jokowi-tingkat-stres-guru-lebih-tinggi-dari-pekerjaan-lainnya.
Nurhabiba, Mahda. 2020. “Social Support Terhadap Work-Life Balance Pada Karyawan.” Cognicia 8 (2): 277–95.
Ritonga, Nurul Ajima. 2020. “Peran Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Iklim Kerja Yang Kondusif Di SD IT Ummi Aida Medan.” Continuous Education: Journal of Science and Research 1 (1): 43–55.
Sihite, Lena Lorenza. n.d. “MENGATASI BURNOUT STRATEGI UNTUK MENGHADAPI KELELAHAN DAN KEHABISAN ENERGI.”
“Stress and your health: MedlinePlus Medical Encyclopedia.” n.d. Accessed October 21, 2024. https://medlineplus.gov/ency/article/003211.htm.
Urbach, Nafa, Muhammad Syukur, Andi Octamaya Tenri Awaru, and Masni Masni. 2023. “Guru Perempuan Penggerak Di Kabupaten Polewali Mandar (Sebuah Kajian Gender).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (3): 23512–23.
Wodong, Aquilina YR, Harol R Lumapow, and Melkian Naharia. 2024. “GAMBARAN SUBJECTIVE WELL BEING PADA GURU HONOR SMK REGENERASI TATELI KABUPATEN MINAHASA.” PSIKOPEDIA 5 (3): 201–10.
Yanti, Ni Putu Emy Darma, Ida Ayu Md Vera Susiladewi, I Kade Iman Darmawan, I Gusti Ngurah, and Putu Jaya Antara. 2021. “Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa.”
Yasa, I Gede Redita, and AASK Dewi. 2018. “Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Mediasi.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 8 (3): 1203.
Zhao, Weiguo, Xiangrui Liao, Qingtian Li, Wenning Jiang, and Wen Ding. 2022. “The Relationship Between Teacher Job Stress and Burnout: A Moderated Mediation Model.” Frontiers in Psychology 12 (January):784243. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.784243.
Zulfikar, Muhammad rizki, and Sri Budi Kasiyati. 2024. “PENGARUH BEBAN KERJA , WORK-LIFE BALANCE, DAN STRESS KERJA TERHADAP JOB BURNOUT PADA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA SURABAYA.” Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi 2 (5): 87–102. https://doi.org/10.572349/neraca.v2i5.1405.