PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IX DI SMP PGRI KARACAK
Main Article Content
Abstract
Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam mengajar. Kompetensi yang dimiliki oleh guru SMP PGRI Karacak Bogor, khususnya guru mata pelajaran Bahasa Inggris cukup baik, seperti pembuatan perencanaan pembelajaran, pengelolaan interkasi belajar mengajar, penguasaan bahan ajar dan unsur lainnya. Namun dalam pembelajaran berlangsung kemampuan yang dimiliki oleh guru belum maksimal sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas IX di SMP PGRI Karacak Bogor. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 120 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel teknik random sampling maka dari itu sampel pada penelitian ini 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dan nilai raport. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas IX di SMP PGRI Karacak Bogor. Berdasarkan perhitungan diperoleh r hitung > r tabel = 0,795 > 0,361 maka Ha diterima dan Ho ditolak
Article Details
References
Asis Saefudin (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Marsono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bogor: In Media.
Mushaf Al-Qur’an. Al-Amzar Al-Qur’an Terjemah Tajwid Warna (2019). Jakarta: Dinamika Cahaya Pustaka
Sofran Amri (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka
Uyoh Saduloh (2019). Pedagogik (ilmu mendidik). Bandung: Alfabeta
Darimi Ismail (2015) Vol. 5, No. 2, Mudarissuna, ‘’Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran’’.
Dewi Shanti Novi (2019) Vol. 4, No.1, Manper, ‘’Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa’’.
Moersidi Yamid (2019) Vol.2, No. 1, Mala’bi, ‘’Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa’’.
Nasikha Barokatun (2018) Vol.1 No. 2, Prosiding. ‘’Analisis Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas XII IPA 5 SMAN 15 Semarang’’.
https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/51474/pp-no-19-tahun-2017