PENGARUH KEDISIPLINAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP PUI SETIA NEGARA LEUWISADENG BOGOR

Main Article Content

Agus Tamami
Unay Saputri

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan akan tercapai apabila proses belajar mengajar yang diselenggarakan efektif dan berguna untuk mencapai komptensi yang diharapkan karena pada dasarnya proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan, dan guru merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan berhasilnya proses pembelajaran. Oleh karena itu pendidik khususnya kepala sekolah dituntut untuk meningkatkan peran dan kompetensinya, dalam mengorganisasikan atau mengelola pembelajaran dengan menciptakan lingkungan belajar yang efektif, efisien, dan menyenangkan agar hasil belajar peserta didik berada pada tingkat yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP PUI Setia Negara Leuwisadeng Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif,. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa SMP PUI Setia Negara yang berjumlah 63 siswa dari 50% populasi yang berjumlah 127 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang positif antara kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP PUI Setia Negara Leuwisadeng Bogor. Hal ini ditunjukan dengan uji korelasi maka didapat rxy 0,636. Adapun thitung 6,52 pada taraf kesalahan 5% diperoleh ttabel 0,254,  dengan demikian pada taraf kesalahan 5% thitung lebih besar dari ttabel. Maka Ha diterima sedangkan Ho ditolak

Article Details

Section
Articles

References

Al-Fatih, 2016. Al-Quranul Karim Tafsir Perkata Tajwid Kode Arab. Jakarta: Pt Insan Media Pustaka.

Amri, Sofan, 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Amri, Sofan, 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Basri, Hasan, 2018. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran. Bandung: CV Pusataka Setia.

Dzamarah, Saiful Bahri, 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

H. Darmadi, 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Hasan, Fuad, 2007. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Imron, Ali, 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ishlacha.â€Pengaruh Kedisiplinan Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa†Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tapung, UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekan Baru, 2012

Kasnita, Helen “Pengaruh kedisiplinan dan kreatifitas guru mengajar terhadaphasil belajar siswa di MIN 2 Bengkulu Selatan, IAIN Bengkulu. 2019

Marsono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.