MANAJEMEN STRATEGI PONDOK PESANTREN AL MUSHAFIYYAH DALAM MENGEMBANGKAN SOFT SKILL SANTRI
Main Article Content
Abstract
Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan non-formal tidak hanya berperan dalam penguatan ilmu agama, tetapi juga bertanggung jawab membentuk karakter santri melalui pengembangan soft skill. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi manajemen strategi berbasis pendekatan POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) di Pondok Pesantren Al-Mushafiyyah dalam mengembangkan soft skill santri, khususnya aspek kejujuran, tanggung jawab, percaya diri, motivasi diri, kemampuan berkomunikasi, dan kepemimpinan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dengan pengasuh, pengurus, dan santri, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan (POAC) yang terstruktur melalui pembiasaan kegiatan harian berhasil menanamkan nilai disiplin, tanggung jawab, dan kemampuan komunikasi. Pengorganisasian sumber daya manusia dan fasilitas yang jelas memfasilitasi pengembangan kepemimpinan dan kejujuran. Pengawasan ketat dari pengasuh dalam evaluasi rutin memastikan konsistensi internalisasi nilai-nilai tersebut. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa manajemen strategi POAC efektif dalam menciptakan lingkungan holistik yang mendukung pengembangan soft skill santri secara berkelanjutan
Article Details
References
Amaliyah, Muhamad Merdeka. 2024. “Pengembangkan Ketrampilan Soft Skill Santri Di Pondok Pesantren Tahfizh Wadil Quran Tangerang.” Jurnal Pkm Manajemen Bisnis 4 (2): 75-167.
Azim, Fauzan, Chanifudin Chanifudin, And Supardi Ritonga. 2023. “Modernisasi Pendidikan Islam Perspektif Azyumardi Azra Dalam Buku Pendidikan Islam Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Milenium Iii.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman 3 (2): 60-255. Https://Doi.Org/10.55883/Jipkis.V3i2.77