PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MA EL-ZAHIRA BOGOR
Main Article Content
Abstract
Kepemimpinan merupakan suatu pola perilaku para pemimpin dalam mengarahkan dan mengendalikan para bawahan untuk mengikuti kehendaknya dalam mencapai suatu tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa kepemimpinan merupakan cara yang dipergunakan oleh seorang pemimpin dalam memengaruhi bawahannya. Cara dalam memengaruhi bawahannya akan menciptakan budaya dari organisasi yang dipimpinnya. Produktivitas suatu organisasi, tidak terkecuali sekolah ditentukan oleh kinerja para anggotanya. Kepala sekolah harus bertanggungjawab atas pengelolaan pendidikan secara mikro, yakni suatu tahapan yang membahas dan melaksanakan proses belajar mengajar, dan guru sebagai pengelola utama pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah El-Zahira Bogor. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh guru di Madrasah Aliyah El-Zahira Bogor yang berjumlah 17 orang guru juga sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pengaruh signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah El-Zahira Bogor. r hitung > r tabel = 3,908 > 0,514 maka Ha diterima dan Ho ditolak
Article Details
References
Anwar, M, (2017). Filsafat Pendidikan. Depok: Kencana.
Marsono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bogor: In Media.
Syafril, (2019). Statistik Pendidikan, Jakarta: Prenadamedia Group.
Sudijono, A, (2017). Pengertian Statistik Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Bustomi, K., Manik, E, (2011). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Negeri 3 Rancaekek. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship.
Handayani, T., Rasyid, A. A, (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan.
Nasrun, N, (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan.