STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DENGAN ANALISIS SWOT DI MTs UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR
Main Article Content
Abstract
Pendidik memiliki peran penting bagi kemajuan dan kesuksesan sebuah lembaga pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu upaya serta strategi dalam meningkatkan kualitas pendidik sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang tepat bagi pendidik agar terus mampu meningkatkan mutu dan kualitasnya dalam menjalankan perannya sebagai seseorang yang menjadi perantara tersampaikannya ilmu pengetahuan, khususnya dalam 4 kompetensi yang menjadi standar kelayakan menjadi seorang pendidik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang juga disempurnakan dengan adanya sebuah analisis SWOT dari tiap kompetensi yang dimiliki pendidik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mutu pendidik MTs Ummul Quro Al- Islami Bogor berada pada posisi Kuadran SO yang mendukung strategi agresif. Dalam hal ini ditemukan beberapa strategi yang diupayakan kepala madrasah agar mampu meningkatkan mutu pendidik diantaranya dengan adanya penilaian kinerja guru, kerjasama antara sekolah dengan yayasan perihal pembangunan gedung kelas, adanya supervisi rutin baik secara administrasi maupun lapangan, MGMP, pertemuan dan perkumpulan demi menjalin tali silaturrahmi dengan baik antara sesama penduduk sekolah maupun dengan masyarakat. Pada penelitian ini dari tiap kompetensi pendidik masing-masing tentu memiliki kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mana akan terus menjadi tugas bersama untuk terus mampu berupaya menemukan strategi yang tepat dalam menimalisir kelemahan serta mengantisipasi ancaman yang memungkinkan terjadi pada eksistensi serta kualitas yang dimiliki seorang pendidik
Article Details
References
Ali, Mohammad., 2013 Penelitian Kependidikan. Prosedur & Strategi, (Bandung: CV Angkasa)
Arikunto, Suharsimi., Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Cet. XIV. Jakarta: Rineka Cipta). 2010
Danim, Sudarwan & Khairil., 2015 Profesi Kependidikan, (Bandung; Alfabeta)
Husain, Latifah., 2017 Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional (Yogyakarta: Pustaka Baru Press)
Hamzah, Nina Lamatenggo,, 2012 Teori Kinerja dan Pengukurannya (Jakarta: PT Bumi Aksara)
Makawimbang, Jerry H., 2012 Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidik, (Bandung:Alfabeta).
Mulyasa., 2017 Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah (Jakarta: PT Bumi Aksara) Muslim. Sri Banun., 2010. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme
Guru, (Bandung; Alfabeta)
Nazarudin., 2020 Manajemen Strategik (Cet. 3 Palembang: Noer Fikri Offset) Nurcholish Madjid, 2014 Fiqh Siyasah (Jakarta:Prenadamedia Group).
Qur’an, Cordoba., 2012 Al-Qur’an Cordoba Special For Muslimah (Bandung;PT Cordoba Internasional Indonesia).
Ramayulis, 2013 Profesi & Etika Keguruan (Jakarta:Penerbit Kalam Mulia)
Rangkuti, Freddy, 2004 Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, (Cet.11. Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama)
Republik Indonesia, “Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS)
Siyoto, Sandu, 2015 Dasar Metodologi Penelitian, (Yogyakarta; Literasi Media Publishing)
Soerjandari, Erna dkk., Modul Mata Pelajaran Kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), (Jakarta: 2016)
Supardi. 2016 Kinerja Guru (Jakarta; PT Rajagrafindo). Sugiono, “Metode Penelitian Pendidikanâ€, (Bandung: Alfabeta)
Sugiyono, 2016 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta). Suryabrata, Sumadi, 2014 Metodologi Penelitian, (Jakarta:PT Raja Grafindo Persada). Tafsir, Ahmad, 2013 Ilmu Pendidikan Islam (Cet. 2. Bandung: PT Remaja Rosdakarya) Zahro, Aminatul, 2015 Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi
Profesionalisme Guru (Bandung: Penerbit Yrama Widya)
Annur, Saipul, and Dian Safitri, 2015 “Total Quality Manajemen Sebagai Wujud Peningkatan Mutu Pendidikan.†El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2
Aziz, Safrudin. bbv, (Yogyakarta; Gava Media). 2016
Chrismastianto, Imanuel Adhitya Wulanata, 2017 “Analisis Swot Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Di Indonesia.†Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 20, no. 1
Fajar Nur’aini Dwi Fatimah, Teknik Analisis SWOT, (Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2016)
Firila, Dina Fanny, 2019. “Strategi Peningkatan Mutu Pendidik Dengan Analisis SWOT Di SDIT Bina Insani Semarang.†UIN Walisongo Semarang,.
Haryati, Siti , 2020 “Kepuasan Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Kompetensi Profesional Guru Dan Fasilitas Belajar.†Universitas Pancasakti Tegal.
Ismail, Ismai, 2017 “Pendidik Dalam Prespektif Islam.†Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2: 146–59.