PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS VIII PUTRI DI MTs UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR
Main Article Content
Abstract
Kedisiplinan adalah hal yang penting, kedisiplinan peserta didik dapat ditumbuhkan melalui keteladanan guru dengan pembinaan dan pembiasaan terutama Ketika berada di sekolah. Terkait kedisiplinan peserta didik datang sekolah tepat waktu, taat pada peraturan, dan pakaian secara rapih dan perilaku baik. Secara garis besar, peserta didik telah mampu menerapkan kedisiplinan di sekolah. Namun, masih terdapat peserta didik terlambat datang ke sekolah, tidak memakai seragam sesuai jadwal yang ditentukan, tidak mengumpulkan tugas tepat pada waktunya, bolos ketika jam pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru terhadap kedisiplinan peserta didik kelas VIII Putri di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan November 2020 sampai bulan Agustus 2021. Lokasi penelitian ini di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor. Desain penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 346. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling maka dari itu sampel pada penelitian ini 87 responden. Teknik pengumpulan data dengan angket. Uji Validitas menggunakan kolerasi Product Moment. Uji Asumsi yang digunakan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Dalam pengelolaan data dengan bantuan SPSS 18. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh keteladanan guru terhadap kedisiplinan peserta didik kelas VIII putri di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor. Berdasarkan hasil hipotesis dari nilai keteladanan guru dan kedisiplinan peserta didik 0,05, kemudian nilai r-tabel diperoleh sebesar 0,213, artinya terdapat pengaruh keteladanan guru terhadap kedisiplinan peserta didik kelas VIII Putri di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor
Article Details
References
Amri, Sofan. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Arikunto, Suharsimi, (2005). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi, (2014). Prosedur Penelitian Satuan Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Bugin, Burhan, (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: kencana
Departemen Agama RI, (2010). Al-Qur’an Terjemah dan Tafsir untuk Wanita. Bandung: Jabal
Idi, Abdullah, (2011). Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Mulyasa, E, (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Sinar Grafika Offset
Rusyan A. Tabrani, (2010). Kemampun Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono, (2012). Manajemen Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Bandung: Prenadamedia Alfabeta
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta
Ulwan, Nashih, Abdullah, (2013). Tarbiyatul Aulad Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Khatulistiwa Press
Yusuf, Murni, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group
Marliu Farizal, dkk., (2020). Keteladanan Guru dan Pendidikan Dalam Keluarga Terhadap Kepribadian Muslim di MTs Pondok Pesantren Al-Husainy Kota Bima. Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan.
Nurbayiti Ria, dkk., (2019). Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Perilaku Sosial Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Smk). Pendidikan Islam.
Wardhani Novia Wahyu, Margi Wahono., (2017). Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter. Untirta Civic Education