STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM DINIYAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Main Article Content
Abstract
Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan seseorang. Karena pendidikan dapat mengantarkan manusia menuju kesuksesan. Dunia pendidikan tidak bisa lepas dari dinamika sosial dan perkembangan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut masyarakat untuk tidak bersikap kaku dan mampu merespon perubahan zaman. Lingkungan pendidikan dalam banyak hal merupakan aspek penting untuk membentuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Pendidikan agama melalui Madrasah Diniyah merupakan suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan kepada siswa nilai-nilai spiritual dan kesadaran etika dalam sikap, perilaku dan pendekatan terhadap berbagai jenis ilmu pengetahuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif merupakan penelitian deskriptif yang cenderung menggunakan analisis mendalam. Proses dan makna yang dituangkan dalam penelitian kualitatif ini mempunyai landasan teori yang dijadikan pedoman untuk memastikan fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Hasil yang didapat adalah bahwa pelaksanaan Strategi Pembentukan Karakter Religius Melalui Program Diniyah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di SMA Islam Parlaungan Sidoarjo dilaksanakan yang mana difokuskan pada tujuan komponen mutu pendidikan yang meliputi kepemimpinan kepala sekolah, penggunaan sarana dan prasarana belajar, kurikulum yang sesuai, kerjasama berbagai pihak, dan pelaksanaan program bermutu
Article Details
References
Awaliah, L., Hikam, N., Rofiq, A., & Hakim, T. F. L. (2024). Program Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Invention: Journal Research And Education Studies, 49–59.
Fiantika, F., Wasil, M., Jumiyati, S. R. I., Honesti, L., Wahyuni, S. R. I., Mouw, E., Mashudi, I., Hasanah, N. U. R., Maharani, A., & Ambarwati, K. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). Surabaya: PT. Pustaka Pelajar. Https://Scholar. Google. Com/Citations.
Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur, 13(2).
Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.
Latifah, L. (2020). Peran Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Millah: Journal Of Religious Studies, 173–194.
Marzuki, M. H., & Imron, A. (2023). Strategi Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan. Indonesian Proceedings And Annual Conference Of Islamic Education (IPACIE), 2, 73–94.
Muzayaroh, A. (2021). Penguatan Pendidikan Agama Dan Karakter Dasar Di Madrasah Diniyah Ali Maksum Yogyakarta. Millah: Journal Of Religious Studies, 245–274.
Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64.
Sari, R. P. (2020). Implementasi Manajemen Madrasah Berbasis Masyarakat Dalam Penguatan Karakter Religius Siswa Di Madrasah Aliyah Diniyah Puteri Pekanbaru. Al-Afkar: Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 51–104.
Yuniawati, S. T. (2020). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Santri Madrasah Diniyah Al-Badar Ngampel Papar Kediri. IAIN Kediri.
Zenaida, Y. C. (2022). Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Diniyah Al Istiqomah Doho Dolopo Madiun Tahun Ajaran 2021/2022. IAIN PONOROGO