STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SDIT RABBANI QUR’AN SCHOOL

Main Article Content

Putri Hastuti
Arnita Sri Handayani

Abstract

Persaingan antar sekolah dalam memperoleh peserta didik baru semakin ketat dalam dunia pendidikan saat ini. Menyikapi kondisi tersebut, SDIT Rabbani Qur’an School menerapkan berbagai strategi pemasaran guna meningkatkan minat orang tua untuk mendaftarkan anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan kepala sekolah dalam menarik peserta didik baru, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keputusan orang tua dalam memilih sekolah tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru, dan wali siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan kepala sekolah meliputi evaluasi terhadap peserta didik sebelumnya, penyebaran brosur, peningkatan kualitas guru, serta pembukaan pendaftaran enam bulan lebih awal. Adapun faktor yang memengaruhi minat orang tua adalah lingkungan sekolah yang luas, nyaman, dan terjaga kebersihannya, adanya beragam kegiatan edukatif, pelayanan yang baik kepada masyarakat, serta keunggulan dalam program Tahfiz. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan mutu layanan pendidikan yang dipadukan dengan strategi promosi untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah.

Article Details

Section
Articles

References

Abdussamad, Zuhri. (2021). Metode Kenelitian Kualitatif. Jakarta: Syakir Media Press.

Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta

Engkoswara, Mahmud. (2005). Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya.

Dafit, L. Richard. (2002). Manajemen Strategi Sekolah. Jakarta: Erlangga

Phiip Kotler dan Gary Amstrong. (2021). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sofjan, Asauri. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Turmudzi, Imam. (2017). Strategi Pemasaran di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal penelitian Manajemen Terapan. 2 (2): 188-196.

Sapranto dan Latifah, Ami. (2023). Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen dan Pendidikan. 2 (1): 404-411.