PELAKSANAAN MANAJEMEN PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM MUHADHARAH DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING SISWA DI SMAN 10 ACEH BARAT DAYA
Main Article Content
Abstract
Manajemen peserta didik merupakan salah satu bagian penting dalam manajemen berbasis sekolah yang bertujuan mengatur seluruh kegiatan pembelajaran agar berjalan efektif dan efisien. Salah satu bentuk implementasinya adalah program muhadharah, yaitu kegiatan latihan berbicara di depan umum sebagai sarana pembinaan keagamaan dan pengembangan kemampuan komunikasi siswa. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala seperti manajemen kegiatan yang belum optimal dan rendahnya kemampuan public speaking siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pelaksanaan manajemen peserta didik dalam program muhadharah; efektivitas program muhadharah terhadap peningkatan kemampuan public speaking siswa; serta mengindentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program muhadharah terhadap peningkatan kemampuan public speaking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek kepala sekolah, guru, dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program muhadharah dilaksanakan secara rutin setiap hari Sabtu berdasarkan perencanaan yang telah disusun. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan keberanian, kepercayaan diri, dan keterampilan berbicara siswa di depan umum. Faktor pendukung berasal dari dukungan sekolah dan tersedianya sarana prasarana, sedangkan faktor penghambat utamanya adalah kurangnya kemauan dan kesiapan sebagian siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan muhadharah.
Article Details
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arrosyadi, N, & Basri, H. (2025). Efektivitas implementasi muhadarah untuk meningkatkan public speaking peserta didik. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 8(2).
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Hamalik, O. (2018). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hasanah, N. (2022). Pengembangan Potensi Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jakarta: Prenada Media.
Hidayat, M. (2019). Pendidikan Karakter sebagai Fondasi Pembangunan Bangsa. Jakarta: Rajawali Pers.
Kemendikbud. (2022). Panduan Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). California: Sage Publications.
Mulyasa, E. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustamu, R. (2012). Fenomena public speaker, antara kebutuhan dan tren. Jurnal Komunikasi Islam, 2(2).
Nurdin, M. (2023). Muhadharah sebagai Media Pembentukan Karakter dan Keterampilan Berbicara Siswa. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry Press.
Purwanto, N. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahman, A. (2021). “Implementasi Program Muhadharah dalam Pengembangan Keterampilan Berbicara Siswa.” Jurnal Pendidikan Islam, 8(2).
Rahmat, J. (2012). Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahmawati, E. (2022). Keterampilan Berbicara dan Komunikasi Efektif dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Setyowati, E. (2019). Pendidikan Karakter FAST (Fathonah, Amanah, Shiddiq, Tabligh) dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Supriyadi, A. (2020). Pembinaan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Suryani, D. (2021). Latihan Public Speaking dan Pengaruhnya terhadap Rasa Percaya Diri Siswa. Bandung: Alfabeta.
Syamsuddin, A. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Proses Pembelajaran. Surabaya: Mitra Wacana Media.
 
	
	