PENGARUH KEGIATAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI MTs UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR
Main Article Content
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh kegiatan musyawarah guru mata pelajaran untuk dapat memberikan peran dalam peningkatan profesinalisme guru di Madrasah. Penelitian bertujuan untuk dapat memperoleh data empirik mengenai pengaruh kegiatan musyawarah guru mata pelajaran terhadap profesionalisme guru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Sampel penelitian adalah guru Madrasah Tsanawiyah Ummul Quro Al-Islami yang berada pada kategorisasi lulusan SMA/sederajat, sarjana dan magister. Sampel yang digunakan sebanyak 91 responden dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan secara umum persentase musyawarah guru mata pelajaran diperoleh dengan jumlah skor sebesar 5.679 berada pada ketegori golongan cukup tinggi dengan nilai rata-rata 62.41% dan profesionalisme guru diperoleh dengan jumah skor sebesar 6.075 berada pada ketegori golongan cukup tinggi dengan nilai rata-rata 66.76%. Berdasarkan hasil analisis pada pembuktian hipotesis diketahui nilai r hitung lebih besar dari r table 0,400 > 0,207 maka dapat dikatakan bahwa adanya pengaruh secara signifikan antara musyawarah guru mata pelajaran terhadap profesionalisme guru. Dengan tingkat pengaruh variabel sebesar 40,0% dan sisanya 60,0% masih dipengaruhi oleh faktor lain
Article Details
References
Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Diponorogo.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Danim, Sudarwan, 2001. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia.
Febriana, rina 2019.“ kompetensi guru “. Jakarta : bumi Aksara.
Kunandar, 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Pers.
Kustandi dan Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurdin, Syarudin dan Basyirudin Usman, 2004. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum Jakarta: Ciputat Pers.
Rusdiana, 2017. “ Manajemen Evaluasi Program Pendidikan Konsep, Prinsip, Dan Aplikasinya Di Sekolah/Madrasah “. Bandung : Pustaka Setia.
Rusman. 2018. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
P. Ratu Ile Tokan. 2016. “ Manajemen Penelitian Guru Untuk Pendidikan Bermutu “. Jakarta : Anggota Ikapi.
Sudjana, Nana, 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar-Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, Cet.V.
Sumardi, 2016. “ Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP Model Dan Implementasinya Untuk Meningkatkan Kinerja Guru “. Yogyakarta : Deepublish, Ed.1 Cet. 1.
Susanto, Ratnawati Dan Yuli Asmi Rozali, 2020. “ Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik Teori, Konsep, Dan Konstruk Pengukuran “, Depok : Rajawali Pers, Edisi 1, Cetakan 1.
Tilaar, H.A.R, 2008. Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta, 86