PENGARUH SARANA DAN PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA UNGGULAN MAFAZAH BOGOR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Unggulan Mafazah Bogor. Metode Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain survey, populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Siswa SMA Unggulan Mafazah Bogor yang berjumlah 106 siswa, kemuduian instrumen pengumpulan data berupa skala likert uyang memiliki alternatif jawaban. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan ujiu validitas, uji reliabilitas menggunakan rumus Alpa Cronbach, uji normalitas, uji linearitas dan uji koefisien korelasi. Analisis data menggunakan analisis uji t atau mencari thitung.. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat sarana prasarana dari hasil penyebaran angket kuestioner ke 106 siswa sebagai responden, diperoleh dengan jumlah skor 9.584 dengan nilai rata-rata 90,42 menunjukkan skor rata-rata golongan cukup tinggi, dengan kategori sangat baik. Tingkat hasil belajar dari nilai raport semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 106 siswa sebagai responden, diperoleh dengan jumlah skor 8.348 dengan nilai rata-rata 78 menunjukkan skor rata-rata golongan cukup tinggi, dengan kategori Baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif sarana terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukan dengan koefisien korelasi diperoleh t hitung sebesar 0,451 yang lebih besar dari ttabel pada α = 0,05 yaitu 0,159 dengan taraf kesalahan 5%. Pola hubungan antara kedua variabel tersebut, dinyatakan dengan uji regresi variabel sarana prasarana terhadap variabel hasil belajar dengan hasil uji sebesar 0,003 yang lebih kecil dari taraf signifikasi 0,005 yang berarti variabel sarana prasarana memiliki pengaruh terhadap variabel hasil belajar
Article Details
References
Aplikasi Tafsir Ibnu Katsir Muslim Media diakses pada Jum’at 16 April 2021 Pukul 16.30
Cholil dan Sugeng Kurniawan, Psikologi Pendidikan Telaah Teoritik dan Praktik, (Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press), 2011, hlm. 23-24.
Kementrian Agama RI. Al Quran dan Tafsirnya. (Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia). 2012.
Miski, Rihatul. No. 2. Vol. 4. Jurnal Ta’dibi. “The Effect Of Infrastructures Toward Student Learning Resultsâ€. 2015.
Prayoga Ari. Tarbiyah Islamia Jurnal Pendidikan dan Keislaman. “Manajemen Sarana Prasarana Dalam Perspektif Islamâ€. 2019.
Republik Indonesia, “Undang-undang Dasar RI Nomor 20 Tahun 2003 Bab II Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,†(Medan: Perdana Publishing).
Sakilah. No. 2. Vol. 12. Jurnal Belajar dalam Perspektif Islam. 2013.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kombinasi, Bandung: ALFABETA CV.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta), 2017.
Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Syaiful Bahri, Prestasi dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional, 2004.