KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM

Main Article Content

Selamet
Supiana
Qiqi Yuliati Zaqiah

Abstract

Kurikulum merupakan komponen terpenting dalam pendidikan. Pengembangan kurikulum dalam pendidikan Islam merupakan sebuah keniscayaan, karena perubahan pasti terjadi mengikuti zamannya. Maka tujuan penulisan ini akan mengkaji terkait kebijakan pengembangan kurikulum pendidikan Islam khususnya di Indonesia dengan memperhatikan sejarah dan regulasi yang berlaku. Tulisan ini menggunakan metode library research dengan pendekatan content analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum pendidikan Islam dalam tinjauan sejarah dari masa kemerdekaan hingga era reformasi terus mengalami perubahan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Pengembangan kurikulum pendidikan Islam terbagi atas 3 masa; yaitu pertama, masa orde lama, terjadi 3 kali perubahan yaitu kurikulum tahun 1947, 1952, dan kurikulum 1964; kedua, masa orde baru, terjadi 4 kali perubahan yaitu kurikulum 1968, 1975, 1984, dan Kurikulum 1994; ketiga, masa reformasi, tejadi 3 kali perubahan yaitu kurikulum 2004 (KBK), Kurikulum 2006 (KTSP), kurikulum 2013 yang dipakai hingga kini. Sedangkan dalam tinjauan regulasi kurikulum pendidikan islam terdapat 4 kategori yakni: pertama, regulasi kurikulum madrasah mengikuti UU nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional; kedua, regulasi kurikulum pesantren mengikuti UU nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren; ketiga, regulasi kurikulum perguruan tinggi keagamaan Islam menginduk UU nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi; dan keempat, regulasi kurikulum pendidikan agama Islam untuk sekolah/kampus umum menginduk UU nomor 20 tahun 2003.

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah, A. (2007). Kurikulum Pendidikan di Indonesia Sepanjang Sejarah. In Pendidikan dan Kebudayaan (p. 343). file:///C:/Users/ACER/Downloads/354-Article Text-1134-1-10-20160929.pdf

Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Nur El-Islam, 1, 48–58.

Aly, A. (2011). Pendidikan Islam Mulltikulturalisme di Pesantren; Telaah Kurikulum Pondok Pesantren Islam Assalam Surakarta. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Amin, K, (2021). Ini Persamaan dan Penyempurnaan Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Madrasah. Diakses melalui https://kemenag.go.id/berita/read/513676/ini-persamaan-danpenyempurnaan-kurikulum-pai-dan-bahasa-arab-madrasah diakses 16 Mei 2021 pukul 05.07 WIB.

Anwar, A.S & Mulyani. N. (2018) Kurikulum Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah,

Jurnal Genealogi PAI, 5(1), 1-7. DOI http://dx.doi.org/10.32678/geneologipai.v5i1.1037

Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam, Cet.1. Jakarta:

Ciputat Pers.

Arifai, A. (2018). Pengembangan Kurikulum Pesantren, Madrasah Dan Sekolah. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(2), 13–20. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i2.27

Azra, A. (1999). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Bilgrami, H.H & Asyraf, S.A. (1989). Konsep Universitas Islam. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Choli, I. (2019) Hakikat Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam, Jurnal Al-Risalah, X(2), 100-127. DOI: https://doi.org/10.34005/alrisalah.v10i2.407

Dhaifi, A. (2017). Perkembangan Kurikulum PAI di Indonesia, Jurnal Edureligia, 1(1), 76-88. DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.47

Direktorat PTKI, (2018). Panduan Pengembangan Kurikulum PTKI Mengacu pada KKNI dan SN-Dikti. Tidak diterbitkan.

Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika, 1(2), 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193

Hasbullah. (2015). Kebijakan Pendidikan dalam Perspektif Teori, Aplikasi dan Kondisi Objekif dalam Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhaimin. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hazin, M. (2017). Implementation of character education policy at colleges. In Proceeding the International Conference on Education Innovation (Vol. 1, No. 1, pp. 530-535).

Hidayat, A. W. (2020). Studi Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Model Kurikulum 2013, Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 6(2), 172-188. https://doi.org/10.53627/jam.v6i2.3792

Hidayat, K. (2000). Problem dan Prospek IAIN; Antologi Pendidikan Tinggi Islam. Jakarta; Departemen Agama RI.

Huda, M & Rodin, R. (2020). Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia dan Upaya Penguatannya dalam Sistem Pendidikan Nasional, Journal of Islamic Education Research, 1(2), 39-53 https://doi.org/10.35719/jier.v1i02.24

Jalaluddin & Idi, A. (2002). Filsafat Pendidikan; Manusia, Filsafat, dan Pendidikan, cet.2. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Jannah, F. (2013) Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Jurnal Dinamika Ilmu, 13(2), https://doi.org/10.21093/di.v13i2.23

Kamal, M. (2014). Model Pengembangan Kurikulum Dan Strategi Pembelajaran Berbasis Sosiologi Kritis, Kreativitas, Dan Mentalitas. Jurnal Madaniyah, VII(9), 230–250.

Khoiruddin, M. (2016). Analisis Kebijakan Kurikulum Pendidikan Islam di Lembaga Pendidikan Islam. JOIES: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 141–154. https://doi.org/10.15642/joies.v1i1.7

Ma’arif, M. A. (2018) Paradigma Baru Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Jurnal Pedagogik, 5(1), 109-123 https://doi.org/10.33650/pjp.v5i1.227

Marzuki, B. (2008). FALSAFAH KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN ISLAM. HUNAFA:

Jurnal Studia Islamika, 5(1), 23-36. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/jsi.v5i1.149.23-36

Mawardi, A. (2016). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia, Jurnal Tarbawi, 1(1), 29-36. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i1.350

Naim, Z. (2021). SEJARAH PERKEMBANGAN MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 71-93. http://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i1.569

Nasution, S. (1995). Asas-asas Kurikulum, Cet.II. Jakarta: Bumi Aksara.

Nata, A & Fauzan. (2005). Pendidikan Dalam Perspektif Hadits, Cet.I. Jakarta: UIN Press.

Nata, A. (2004). Tokoh-Tokoh Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo.

Noorzanah. (2017). Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam, Ittihad Jurnal

Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 68-74. http://dx.doi.org/10.18592/ittihad.v15i28.1934

Safei, & Hudaidah. (2020). Sistem Pendidikan Umum Pada Masa Orde Baru (1968-

. Jurnal Humanitas, 7(1), 1–13. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jhm/article/view/3253

Sanusi, U. (2012). Pendidikan Kemandirian di Pondok Pesantren (Studi Mengenai Realitas Kemandirian Santri di Pondok Pesantren al-Istiqlal Cianjur dan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim, 10(2)