ANALISIS SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH

Main Article Content

Mardia
Muhammad Mukhtar. S

Abstract

Supervisi akademik kepala madrasah merupakan kemampuan membina kinerja guru dalam meningkatkan mutu proses pembelajaran dan mengembangkan keprofesian guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Metode penelitian menggunakan kajian pustaka dengan dua sumber data yaitu data primer dan sukunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan supervisi akademik kepala madrasah yang dilaksanakan bukan hanya ditujukan bagi penilaian kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, melainkan juga membantu guru dalam meningkatkan kemampuan profesionalnya. Pelaksanaan supervisi akademik secara optimal harus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan tindak lanjut. Tahap perencanaan meliputi, (1) menetukan tujuan supervisi, (2) membuat jadwal supervisi, (3) menentukan teknik dan pendekatan supervisi, (4) menelaah instrumen supervisi. Tahap pelaksanaan meliputi, (1) Melaksanakan Supervisi Perangkat Pembelajaran, (2) Melakasanakan Supervisi Pemantauan RPP, (3) Melaksanakan Supervisi Proses Pembelajaran, dan (4) Melaksanakan Supervisi Penilaian Hasil Belajar. Tahap monitoring meliputi menilai program tahunan, program semester, silabus, rencana pelaksanaan program pembelajaran, pemetaan, kriteria ketuntasan minimal, jurnal guru, buku nilai, kisi-kisi soal, analisis nilai, program perbaikan dan pengayaan dan buku sumber yang dipakai untuk memberikan materi kepada siswa. Tahap tindak lanjut meliputi dua aspek kegiatan, yaitu (1) melihat kembali catatan-catatan hasil supervisi, (2) melakukan pembinaan terhadap guru, baik secara individu maupun secara kelompok

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad Fadloli. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah. Retrieved from gusndol.com website: https://gusndol.com/2018/10/10/supervisi-akademik-kepala-sekolah/

Andriani, S., Kesumawati, N., & K., & M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, Volume 7(7).

Anissyahmai, Rohiat, dan O. J. (n.d.). Supervisi akademik kepala sekolah. Manajer Pendidikan, Volume 11(1).

Burhanudin. (2007). Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Donni Juni Priansa dan Rismi Somad. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Fitria, H., Mukhtar, M., & Akbar, M. (2017). The Effect of Organizational Structure And Leadership Style on Teacher Performance In Private Secondary School. IJHCM (International Journal of Human Capital Management), Volume 1(2).

Gumiandari, S. (n.d.). ANALISIS PROBLEMATIKA PELAKSANAAN SUPERVISI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MII PURWAWINANGUN CIREBON. 5(1), 11–29.

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2(3), 97.

Iskandar, A. (2020). MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH ‎. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1). https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5976

Lian, B., Kristiawan, M., & Fitriya, R. (2018). Giving Creativity Room to Students through the Friendly School’s Program. International Journal of Scientific & Technology Research, Volume 7(7).

Meidiana, M., Ahmad, S., & Destiniar, D. (2020). PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3754

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. (2009). Jakarta: Menpan dan Reformasi Birokrasi.

Mukhtar dan Iskandar. (2013). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Murtiningsih, M., Kristiawan, M., & Lian, B. (2019). The Correlation Between Supervision of Headmaster and Interpersonal Communication With Work Ethos of the Teacher. European Journal of Education Studies.

Nurohiman. (2016). Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajer Pendidikan, 10(6), 608–615.

Priansa Juni Donni dan Somad Rirmi. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

R.L. Mathis & J.H. Jackson. (2006). Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia, Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.

Renata, R., Wardiah, D., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of Headmaster’s Supervision and Achievement Motivation on Effective Teachers. International Journal of Scientific & Technology Research, Volume 7(4).

Salwa., Kristiawan, M., & Lian, B. (2019). The Effect of Academic Qualification, Work Experience and Work Motivation towards Primary School Principal Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, Volume 8(8).

Sekretariat Negara RI, Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (2007). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suliyarti, R. (2013). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, Volume 5(1), 2.

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: Grafindo.

Suryani, C. (2015). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MIN Sukadamai Kota Banda Aceh. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, Volume 16(2).

Susanti, N. (2019). MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Al-Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, IV(Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 85.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005). Jakarta.

Undang-Undang R.I N0. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas. (2014). Bandung: Citra Umbara.

Yeeratee, S. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bandar Lampung. Lampung: Fakultas Tarbiyahdan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Zulfakar, Z., Lian, B., & Fitria, H. (2020). IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3833

Zulfikar, Y., & Ibrahim, S. (2017). Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SD Negeri 2 Calang Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah., Volume 5(2).