MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER AL-QURAN

Main Article Content

Irwan Maulana

Abstract

Managemen pendidikan karakter al-Quran menjadi hal yang penting untuk diterapkan terutama di SMP sebagai salah satu upaya dalam menghadapi krisis akhlak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen pendidikan karakter al-Quran yang ada di SMP Islam Birru-Waalidain. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, studi dokumentasi dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi, pengumpulan data, reduksi data, pengelompokan data dan verifikasi data. Managemen pendidikan karakter di SMP Islam Birru-L-Waalidain berjalan dengan baik melalui perencanaan pendidikan karakter dirumuskan oleh ketua yayasan, wakil kepala sekolah kurikulum dan kesiswaan serta dewan guru melalui program (1) tahsin dan tahfidz al-Quran; (2) sholat lima waktu; (3) puasa senin kamis; (4) berkata dan berbuat baik. Pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui pembiasaan yang dilaksanakan oleh seluruh stakeholder pendidikan. Evaluasi pendidikan karakter dilaksanakan dengan menjalankan evaluasi harian, mingguan, bulanan, tengah semester, dan semesteran.

Article Details

Section
Articles

References

Buku:

Badrudin. (2017a). Dasar-Dasar Managemen (4th ed., Vol. 4). Alfabeta.

Badrudin. (2017b). Dasar-Dasar Managemen (4th ed., Vol. 4). Alfabeta.

Ida Farida. (2017). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional (1st ed., Vol. 1). Rosdakarya.

John W Creswell. (2019). Research Design (4th ed., Vol. 4). Pustaka Pelajar.

Sugiono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif (5th ed., Vol. 3). Alfabeta.

Mayasari, A., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2021). Implementasi Sistem Informasi

Jurnal:

Chamidi, A. S. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Mabadi Khaira Ummah Di Smk Maarif 2 Gombong. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 5(1), 17. https://doi.org/10.21580/wa.v5i1.2560

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning Smk Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3, 13.

Taufiqur Rahman & Siti Masyarafatul Manna Wassalwa. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.175

UPI, T. D. A. P. (2015). No Title (Riduan, Ed.; 8th ed.). Alfabeta.

Zahri Harun, C. (2015). Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(3). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.2752

Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.277

Restuningsih, M. A., Nyoman, D., & Sudiana, N. (2017). Kemampuan membaca kritis ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan minat membaca pada siswa kelas v sd kristen harapan denpasar. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i1.2680.

KAMILATUSSA’DIAH, N. U. R. U. L., & TAMAMI, A. (2022). ISLAMIC REBT COUNSELING TO IMPROVE THE VISUALLY IMPAIRED PEOPLE’S SELF ESTEEM. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(2), 171-186.

Maulana, I. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Gotong Royong ‎. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 127–138. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5393

Sahri, A. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Secara Terintegrasi Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Di Kelas Xi Tik Smk Negeri 2 Kepahiang. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 65–81. https://doi.org/10.33369/diksa.v1i2.3181