PENGORGANISASIAN KEGIATAN TABLIGH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK DI MDTA SYEIKH ZAINUDDIN PANYABUNGAN

Main Article Content

Sahria Ramadani
Rohman

Abstract

Kemampuan komunikasi sangat penting untuk ditingkatkan oleh seseorang. Pada hakikatnya selaku makhluk sosial manusia sangat memerlukan interaksi satu dengan yang lainnya. Komunikasi yang baik bisa kita lihat dari sistem pengorganisasian. Adapun tujuan adanya penelitian ini adalah untuk pertama, pengorganisasian kegiatan tabligh, kedua, kemampuan komunikasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina, guru, dan peserta didik MDTA Syeikh Zainuddin. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama pengorganisasian kegiatan tabligh sudah berjalan dengan baik. Pengorganisasian kegiatan tabligh dimulai dari penentuan aktivitas kegiatan yaitu dari MC, pidato, puisi, qasidah, membaca sifat 20, syair nahwu. Pengelompokan perta didik dipilih setiap minggu dari kelas I sampai IV secara bergantian. Anggaran dalam kegiatan tabligh dibebankan dari SPP siswa. Kedua Kemampuan komunikasi siswa sudah cukup baik karena dalam pengorganisasian kegiatan tabligh sudah ditugaskan untuk menyampaikan ajaran-ajaran keislaman atau pesan keagamaan.

Article Details

Section
Articles

References

Buku:

Abdullah. 2012. Dakwah Kultural Dan Struktural. Bandung: Cita Pstaka Media Perintis

Al-Qur’an dan Terjemahan. Mushaf Alwasim. Cipta Bagus Segera

Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen Fungsi-Proses-Pengendalian. Jakarta: Mitra Wacana Media

Andri Feriyanto & Endang Shyta Triana. 2015. Pengantar Manajemen 3 In 1 Untuk Mahasiswa Dan Umum, Kebumen: Mediatera.

Armawati Arbi. 2012. Psikologi Komunikasi dan Tabligh. Jakarta: Amzah

Arni Muhammad. 2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Asep Muhididn. 2002. Dakwah Dalam Perspektif Al-Qur’an. Bandung: CV Pustaka Setia

Djatmiko, 2011. Perilaku Organisasi. Cet.III; Bandung: Alfabeta

Effendi Faisah. 2017. Psikologi Dakwah. Jakarta: Kencana

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali

Press.

Etta Mamang Sangadji & sopiah. 2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi OFFSET

Fauzi, Rita, 2018. Pengantar Manajemen. Yogyakarta : Andi

Hafied Cangara. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Hamriani H. M, “Organisasi dalam manajemen Dakwahâ€, â€, Jurnal Dakwah

Tabligh, Vol. 14, No. 2, Desember 2013, h.239 – 249

Hamriani, “Organisasi dalam Manajemen Dakwah,†â€, Jurnal Dakwah Tabligh, Vol,

, No. 2, Desember 2013, h.239 – 249

Hasil observasi di MDTA Syeikh Zainuddin, pada sabtu, 13 November 2021

Hasil wawancara dengan bapak Hanafi Lubis, sebagai pemangku adat, Kamis 25

November 2021

Hasil wawancara dengan bapak Rizaldi Nasution sebagai Pembina tabligh pada

sabtu, 03 Desember 2021

Inge Hutagalung. 2000. Pengembangan Kepribadian Tinjauan Praktis Menuju Pribadi Positif, (Jakarta: PT Indeks)

Ismail Solihin. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga

Kurnia Harahap, “Pelaksanaan Ekstrakulikuler Kegiatan Tabligh Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicaraâ€, Skripsi UIN Sumatera Utara, 2019.

Kusnawan. 2006 Komunikasi dan Penyiaran Islam Mengembangkan Tabligh. Jakarta: Kencana

Lexy Moleon. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya.

M.Munir & Wahyu Ilaihi, 2006. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana

Mahmud Yunus, 2007. Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Dzurriyah

Muhammad Sani. 2013. Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahnya. Surabaya: Halim Publishing & Distributing

Peter Salim & Yenny Salim. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer Edisi Pertama.

Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rohim, Abdu, dkk. 2009.Kebahasaan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Saifuddin Azwar. 2010. Metode Penelitian, cet XI, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Samsul Munir Amin. 2009. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah

Siagian, 2000. Fungsi-fungsi Manajerial. Cet.III; Jakarta: Bumi Aksara

Siagian, 2004. Peranan Staf dalam Manajemen , Cet. VI; Jakarta: PT. Gunung Agung

Siswanto. 2015. Pengantar Manajemen. cet XI. Jakarta: Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutarto. 2005. Dasar-dasar Organisasi , Yogyakarta: Gajah Mada University Press

T. Hani Handoko. 2002. Manajemen edisi 3. Yogyakarta: BPFE.

Umi Safangatun, “Pengorganisasian Dakwah Lembaga Yayasan Guru Ngaji

Indonesia di kec. Perwojati Kab. Banyumasâ€, Skripsi IAIN Purwokerto, 2020

Wijaya. 2000. Kelembagaan dan Organisasi. Cet. I; Jakarta: PT. Bina Aksara

Yunan Yusuf. 2006. Manajemen Dakwah. Jakarta: Rahmad Semesta

Jurnal:

Maya Hayatun Nupus dan Desak Putu Parmiti, “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Show Dan Tell, 2017â€, Jurnal Antologi UPI Vol.5 edisi No.1 Agustus 2017

Lukman Nuriman dan Ernalis, “Penggsunaan Metode Pidato Terstruktur Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Penelitian Yang Di Lakukan Pada Anak SDâ€,

Jurnal Antologi UPI Edisi No.1 2017

https://pasca.unhas.ac.id, di akses pada tanggal, 26 Desember 2021, pukul 23.33 WIB

https://www.duniapelajar.com, diakses pada 26 Desember 2021, pukul 15:45 WIB

Fathor Rachman. “Manajemen Organisasi dan Pengorganisasian dalam Perspektif Al Qur’an dan Haditsâ€. Jurnal Studi Islam vol 1 no.2 2015 h.296 diakses 25 Desember 2021 jam 09.00 wib