PENGORGANISASIAN KEGIATAN TABLIGH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK DI MDTA SYEIKH ZAINUDDIN PANYABUNGAN
Main Article Content
Abstract
Kemampuan komunikasi sangat penting untuk ditingkatkan oleh seseorang. Pada hakikatnya selaku makhluk sosial manusia sangat memerlukan interaksi satu dengan yang lainnya. Komunikasi yang baik bisa kita lihat dari sistem pengorganisasian. Adapun tujuan adanya penelitian ini adalah untuk pertama, pengorganisasian kegiatan tabligh, kedua, kemampuan komunikasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina, guru, dan peserta didik MDTA Syeikh Zainuddin. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama pengorganisasian kegiatan tabligh sudah berjalan dengan baik. Pengorganisasian kegiatan tabligh dimulai dari penentuan aktivitas kegiatan yaitu dari MC, pidato, puisi, qasidah, membaca sifat 20, syair nahwu. Pengelompokan perta didik dipilih setiap minggu dari kelas I sampai IV secara bergantian. Anggaran dalam kegiatan tabligh dibebankan dari SPP siswa. Kedua Kemampuan komunikasi siswa sudah cukup baik karena dalam pengorganisasian kegiatan tabligh sudah ditugaskan untuk menyampaikan ajaran-ajaran keislaman atau pesan keagamaan.
Article Details
References
Buku:
Abdullah. 2012. Dakwah Kultural Dan Struktural. Bandung: Cita Pstaka Media Perintis
Al-Qur’an dan Terjemahan. Mushaf Alwasim. Cipta Bagus Segera
Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen Fungsi-Proses-Pengendalian. Jakarta: Mitra Wacana Media
Andri Feriyanto & Endang Shyta Triana. 2015. Pengantar Manajemen 3 In 1 Untuk Mahasiswa Dan Umum, Kebumen: Mediatera.
Armawati Arbi. 2012. Psikologi Komunikasi dan Tabligh. Jakarta: Amzah
Arni Muhammad. 2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Asep Muhididn. 2002. Dakwah Dalam Perspektif Al-Qur’an. Bandung: CV Pustaka Setia
Djatmiko, 2011. Perilaku Organisasi. Cet.III; Bandung: Alfabeta
Effendi Faisah. 2017. Psikologi Dakwah. Jakarta: Kencana
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali
Press.
Etta Mamang Sangadji & sopiah. 2010. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi OFFSET
Fauzi, Rita, 2018. Pengantar Manajemen. Yogyakarta : Andi
Hafied Cangara. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Hamriani H. M, “Organisasi dalam manajemen Dakwahâ€, â€, Jurnal Dakwah
Tabligh, Vol. 14, No. 2, Desember 2013, h.239 – 249
Hamriani, “Organisasi dalam Manajemen Dakwah,†â€, Jurnal Dakwah Tabligh, Vol,
, No. 2, Desember 2013, h.239 – 249
Hasil observasi di MDTA Syeikh Zainuddin, pada sabtu, 13 November 2021
Hasil wawancara dengan bapak Hanafi Lubis, sebagai pemangku adat, Kamis 25
November 2021
Hasil wawancara dengan bapak Rizaldi Nasution sebagai Pembina tabligh pada
sabtu, 03 Desember 2021
Inge Hutagalung. 2000. Pengembangan Kepribadian Tinjauan Praktis Menuju Pribadi Positif, (Jakarta: PT Indeks)
Ismail Solihin. 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta: Erlangga
Kurnia Harahap, “Pelaksanaan Ekstrakulikuler Kegiatan Tabligh Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicaraâ€, Skripsi UIN Sumatera Utara, 2019.
Kusnawan. 2006 Komunikasi dan Penyiaran Islam Mengembangkan Tabligh. Jakarta: Kencana
Lexy Moleon. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya.
M.Munir & Wahyu Ilaihi, 2006. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana
Mahmud Yunus, 2007. Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Dzurriyah
Muhammad Sani. 2013. Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahnya. Surabaya: Halim Publishing & Distributing
Peter Salim & Yenny Salim. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer Edisi Pertama.
Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rohim, Abdu, dkk. 2009.Kebahasaan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Saifuddin Azwar. 2010. Metode Penelitian, cet XI, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Samsul Munir Amin. 2009. Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah
Siagian, 2000. Fungsi-fungsi Manajerial. Cet.III; Jakarta: Bumi Aksara
Siagian, 2004. Peranan Staf dalam Manajemen , Cet. VI; Jakarta: PT. Gunung Agung
Siswanto. 2015. Pengantar Manajemen. cet XI. Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutarto. 2005. Dasar-dasar Organisasi , Yogyakarta: Gajah Mada University Press
T. Hani Handoko. 2002. Manajemen edisi 3. Yogyakarta: BPFE.
Umi Safangatun, “Pengorganisasian Dakwah Lembaga Yayasan Guru Ngaji
Indonesia di kec. Perwojati Kab. Banyumasâ€, Skripsi IAIN Purwokerto, 2020
Wijaya. 2000. Kelembagaan dan Organisasi. Cet. I; Jakarta: PT. Bina Aksara
Yunan Yusuf. 2006. Manajemen Dakwah. Jakarta: Rahmad Semesta
Jurnal:
Maya Hayatun Nupus dan Desak Putu Parmiti, “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Show Dan Tell, 2017â€, Jurnal Antologi UPI Vol.5 edisi No.1 Agustus 2017
Lukman Nuriman dan Ernalis, “Penggsunaan Metode Pidato Terstruktur Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Penelitian Yang Di Lakukan Pada Anak SDâ€,
Jurnal Antologi UPI Edisi No.1 2017
https://pasca.unhas.ac.id, di akses pada tanggal, 26 Desember 2021, pukul 23.33 WIB
https://www.duniapelajar.com, diakses pada 26 Desember 2021, pukul 15:45 WIB
Fathor Rachman. “Manajemen Organisasi dan Pengorganisasian dalam Perspektif Al Qur’an dan Haditsâ€. Jurnal Studi Islam vol 1 no.2 2015 h.296 diakses 25 Desember 2021 jam 09.00 wib