USAHA KREATIF GURU DAYAH UMMUL AYMAN DI ERA MODERN, PELUANG DAN TINJAUAN EKONOMI SYARIAH

Main Article Content

Muhammad Al-Mustafa

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin pesat menuntut setiap elemen masyarakat, termasuk lembaga pendidikan Islam tradisional seperti dayah, untuk beradaptasi secara kreatif tanpa meninggalkan nilai-nilai syariat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk usaha kreatif yang dilakukan oleh guru-guru Dayah Ummul Ayman di era modern, serta meninjau peluang yang ditimbulkan dan kesesuaiannya dengan hukum Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru dayah telah mengembangkan berbagai usaha kreatif seperti produksi herbal Islami, digitalisasi kitab kuning, jasa edukasi berbasis media sosial, hingga perdagangan produk halal. Inovasi tersebut tidak hanya menjadi sumber pendapatan tambahan tetapi juga memperluas peran dakwah Islam di tengah masyarakat modern. Dari perspektif hukum Islam, seluruh kegiatan usaha tersebut tetap berada dalam koridor halal selama memenuhi prinsip keadilan, transparansi, dan tidak mengandung unsur riba, gharar, maupun maysir. Penelitian ini menyimpulkan bahwa usaha kreatif guru dayah merupakan peluang strategis untuk memperkuat kemandirian ekonomi dan memperluas pengaruh nilai-nilai keislaman dalam kehidupan kontemporer.

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah, H. H., Hanafi, H., Adu, L., Samsu, L., & Hanafi, H. (2023). Sejarah Perkembangan Islam Di Mesir (Masa Khalifah Umar Bin Khaththab Sampai Masa Dinasti Ayyubiyah). books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=lKY-EQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=usaha+kreatif+guru+dayah+ummul+ayman+di+era+modern+peluang+dan+tinjauan+ekonomi+syariah&ots=Glapl-4EhH&sig=Vgh2CpRM8KH45mKGaUEw9U1M69M

Ali, F. (n.d.). PERKEMBANGAN ISLAM DAN DEMORASI DI INDONESIA1. In ISLAM &DEMOKRASI. rp2u.usk.ac.id. https://rp2u.usk.ac.id/uploads/Zahratul_prosiding.pdf#page=125

Arta, K. H., & Yuriansa, A. (2023). Membudayakan Praktik Jual-Beli Sejak Dini dalam Upaya Membentuk Jiwa Kewirausahaan Santri di Dayah Tradisional Aceh. Indonesian Journal of Teaching and …. http://journal.pencerah.org/index.php/ijtte/article/view/181

BESAR, G. S. A. (n.d.). TRANSFORMASI DARI SALAFI MENJADI TERPADU DAYAH DARUL IHSAN DI. In core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/293475781.pdf

Jayadi, A. (2025). Rahasia Sukses Mendidik Anak Berkrakter Islami di Abad 21. Book-Professorline. https://book.professorline.com/index.php/about/article/view/68

Lukman, L., Nazaruddin, M., & Yunus, S. (2021). Kewirausahaan Berbasis Pendidikan Karakter di Dayah Ummul Ayman, Samalanga. In Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI). https://scholar.archive.org/work/lnxxuoeknbc2nkwmvdgam4pecu/access/wayback/https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/jsai/article/download/1310/713

Majid, A. S. (n.d.). Integrasi pendidikan keterampilan dalam kurikulum di madrasah aliyah (studi kasus man kendal jawa tengah). In Sekolah Pascasarjana UIN Syarif ….

Rahmad, S. (2025). Modernisasi Manajemen Pendidikan Dayah Perspektif Al-Qur’an. repository.ptiq.ac.id. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/1787/

Sahid, A. (2022). Dampak manajemen kurikulum terhadap mutu lulusan di MI Yusuf Abdussatar Kediri Kabupaten Lombok Barat. UIN Mataram.

Wahyudi, D. (2017). bunga Rampai; sejarah kebudayaan, pemikiran dan peradaban islam. In Metro Lampung: CV IQRO. academia.edu. https://www.academia.edu/download/55431193/BUNGA_RAMPAI_SEJARAH_KEBUDAYAAN__PEMIKIRAN__DAN_PERADABAN_ISLAM.pdf