ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IUQI BOGOR MENGENAI PRODUK TABUNGAN & AKAD BANK SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini didasari minimnya minat mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IUQI Bogor untuk menabung di bank syariah yang seharusnya lebih paham mengenai produk serta prinsip dan akad yang digunakan oleh perbankan syariah itu sendiri dan mengetahui bahwa riba dilarang di dalam Islam. Namun pada kenyataannya masih banyak sekali mahasiswa perbankan syariah lebih memilih produk penghimpun dana bank konvensional dibandingkan produk penghimpun dana bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pemahaman produk dan akad tabungan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IUQI Bogor terhadap minat menabung di bank syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan populasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IUQI Bogor. Adapun teknik pengambilan sampel, digunakan teknik probability sampling yaitu cluster atau area sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner yang diisi oleh responden, kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda
Article Details
References
Kautsar Aditra Muhammad. Pengaruh Pengertian Warga tentang Perbankan Syariah terhadap minat memilih Produk Bank Muamalat, (Skipsi: UIN Jakarta) 2014.
Arif Muanas, Perilaku Konsumen, (Yogyakarta: CV Gerbang Media Aksara, 2014)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta