DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU ANAK DI DUSUN RANTAU ALAI KECAMATAN LIMUN
Main Article Content
Abstract
Penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya berdampak pada pikiran, rasa dan perilaku orang dewasa, tetapi anak-anak pun tidak luput dari dampaknya. Di Dusun Rantau Alai Kecematan Limun penggunaan gadget bukan hanya digunakan oleh orang dewasa tapi banyak juga didominasi oleh anak-anak, karena anak-anak mempunyai rasa ingin tau yang tinggi terhadap sesuatu yang baru dan menarik. Penggunaan gadget secara continue akan berdampak buruk bagi pola perilaku anak dalam kesehariannya, anak-anak yang cenderung terus-menerus menggunakan gadget akan sangat tergantung dan menjadi kegiatan yang harus dan rutin dilakukan oleh anak dalam aktifitas sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak penggunaan gadget terhadap Perilaku anak di Dusun Rantau Alai Kecematan Limun. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Informan penelitian terdiri dari, anak usia 7-10 tahun di Dusun Rantau Alai Kecematan Limun orangtua dan pemerintah Desa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman. Untuk menyajikan data agar mudah dipahami, maka langkah-langkah dalam kegiatan analisis yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclutions). Kesimpulan akhir dari penelitian ini mengenai dampak penggunaan gadget terhadap perilaku anak di Dusun Rantau Alai Kecematan Limun menunjukkan penggunaan gadget pada anak-anak usia 7-10 tahun banyak berdampak negatif daripada dampak positifnya. Diharapkan orangtua dapat membatasi anak dalam durasi bermain gadget dan mengawasi kegiatan yang dilakukan pada anak saat bermain gadget
Article Details
References
Anggraini, E. (2019). Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak. Serayu Publishing
Chusna, P.A. (2017) : Pengaruh Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak. Online. Vol, 17. No, 2. (http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index/.) diakses 1 Oktober 2020.
Damayanti, E. Ahmad, A. Bara, A. (2020) “Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anakâ€. Online. Vol, 4. No, 1. (http://ejournal.iain;tulungagung.ac.id/index.php/, diakses: 15 November 2020
Hardani, Andriani, H. Dkk. (2020). Metode penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu
Moleong, L.J, (2017) Metodolohi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mukarromah, T. (2019). Dampak Penggunaan Gadget pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di Dusun Setia Bumi Kecematan Seputih Banyak. Metro Lampung: IAIN Metro.
Sakti, S.N, (2020). Moslem Social Media 4.0. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Sugiyono. (2017). Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Triastutik, Y. Hubungan Bermain Gadget dengan Tingkat Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Bina Insani Desa Candimulyo Kecematan Jombang Kabupaten Jombang: Jombang: STIkes Insan Cendekia Medika.
Wau, J.C.J. (2019) Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Anak di SD Swasta Assisi Medan Selayang Tahun 2019: Medan: STIKes SANTA ELISABETH.
Zuli. R.D. (2020) “Penggunaan Media Gadget dalam Aktivitas Belajar dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Aak Receivedâ€. Online. Vol. 3, No. 1, (http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/articel/view/1910), diakses: 1 oktober 2020