STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGURUS IKATAN SANTRI PUTRI (ISPI) PONDOK PESANTRE AL-QUR'AN NURUL FURQON

Main Article Content

Seli Nur Fatimah Jamil
M. Kholil Nawawi
Asep Gunawan

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang tidak hanya mengajarkan ilmu keagamaan, tetapi juga membina akhlak dan kepribadian santri. Dalam proses pembinaan akhlaqul karimah, komunikasi antara pengurus dan santri memegang peran penting, khususnya dalam menciptakan suasana yang mendukung perubahan perilaku. Salah satu bentuk komunikasi yang dominan digunakan adalah komunikasi interpersonal, yaitu komunikasi dua arah yang bersifat langsung dan melibatkan unsur emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal pengurus Ikatan Santri Putri (ISPI) dalam mengimplementasikan nilai akhlaqul karimah di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon 1 Cibinong, serta bagaimana pengurus mendampingi santri dalam penerapan nilai-nilai tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dianalisis dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi interpersonal pengurus ISPI dilakukan dengan pendekatan yang empati, personal, dan edukatif. Pengurus tidak hanya menyampaikan aturan, tetapi juga menjelaskan alasan di balik aturan tersebut dan memberikan pendampingan emosional kepada santri, terutama yang memiliki kecenderungan melanggar. Di sisi lain, santri yang tidak bermasalah menunjukkan implementasi nilai akhlaqul karimah melalui sikap disiplin, jujur, sopan, dan peduli terhadap sesama. Temuan ini dikaitkan dengan teori Interasksi Simbolik George Herbert Mead dan Teori Ketidakcocokan Pikiran Festinger, serta teori akhlak Ibn Miskawaih yang menekankan pentingnya pembiasaan, keseimbangan jiwa, dan pendidikan akhlak secara berkelanjutan. Pengurus ISPI perlu mengembangkan sistem evaluasi yang lebih efektif demi meningkatkan kemampuan pengurus ISPI dalam mengevaluasi kemajuan santri dalam mengimplementasikan nilai akhlaqul karimah

Article Details

How to Cite
Jamil, S. N. F., Nawawi, M. K., & Gunawan, A. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGURUS IKATAN SANTRI PUTRI (ISPI) PONDOK PESANTRE AL-QUR’AN NURUL FURQON. AT-TAWASUL, 4(2), 149-155. https://doi.org/10.51192/ja.v4i2.2172
Section
Articles

References

DeVito, Joseph A. (2016). The Interpersonal Communication Book Fourteenth Edition.Amerika Serikat: Courier Kendallville.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Anggaini, Citra et al., (2020). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multi Disiplin Dehasen (Mude). 1(3). hal. 337-342

Mubarokah, Dwi Kusnia. (2021). Analisis Komunikasi Interpersonal Pengurus Dengan Santri Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Di Pondok Pesantren Sunan Ampel Desa Bangorejo, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi. Repository: IAIDA Blokagung Banyuwangi.

Muslimin, Khoiril dan Umam, Khoirul. (2019). Komunikasi Interpersonal Antara Kiai Dan Santri Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Di Pondok Pesantren Al- Mustaqim Bugel. Jurnal An-Nida. 11(1). Hal 24-38

Syafe’I, Imam. 2017. Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tazkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8: 85-103.

Tarmizi. (2023). Komunikasi Dakwah Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Dalam Upaya Membentuk Karakter Santri Yang Berakhlak Mulia. 15(2). Hal. 108-120.

Triyono, Banbang dan Mediawati, Elis. 2023. Transformasi Nilai-Nilai Islam melalui Pendidikan Pesantren : Implementasi dalam Pembentukan Karakter Santri. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(1): 147-158