Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Akun @studiokopi.smd Sebagai Media Pemasaran Kepada Pelanggan

Main Article Content

Usamah Maulid Saputra Sati
Silviana Purwanti

Abstract

Penelitian ini membahas pemanfaatan media sosial Instagram pada akun @studiokopi.smd sebagai media pemasaran untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Latar belakang penelitian berangkat dari berkembangnya penggunaan media sosial sebagai sarana promosi yang efektif, termasuk bagi pelaku usaha lokal seperti Studio Kopi di Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Studio Kopi melalui Instagram serta efektivitasnya terhadap perilaku pelanggan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara semistruktur, dan dokumentasi. Analisis dilakukan menggunakan model analisis interaktif Miles, Huberman, dan Saldana serta teori AIDA dalam bauran komunikasi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Studio Kopi memanfaatkan berbagai elemen komunikasi pemasaran, seperti periklanan, promosi penjualan, humas dan publikasi, penjualan pribadi, serta pemasaran langsung melalui fitur-fitur Instagram. Strategi tersebut terbukti meningkatkan perhatian, minat, keinginan, dan tindakan pelanggan, sehingga mendukung peningkatan loyalitas. Simpulan penelitian menegaskan bahwa Instagram menjadi media pemasaran yang efektif, mudah diakses, dan hemat biaya dalam memperkuat hubungan Studio Kopi dengan pelanggan.

Article Details

How to Cite
Sati, U. M. S., & Silviana Purwanti. (2025). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Akun @studiokopi.smd Sebagai Media Pemasaran Kepada Pelanggan. AT-TAWASUL, 4(2), 156-167. https://doi.org/10.51192/ja.v4i2.2339
Section
Articles

References

A Umar, Muhammad. 2022. Perilaku Konsumen. Padang: Global Eksekutif Teknologi.

Abdul, Rofiq, Arifin Zainul, And Wilopo. 2013. Pengaruh Penerapan Aida (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Keputusan Pembelian. Vol. 3. Malang.

Afriani, U. F. 2011. “Strategi Komunikasi Pemasaran Rown Division Dalam Memanfaatkan Jejaring Sosial Facebook Sebagai Sarana Promosi Secara Online.” Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Aprilya, T. 2017a. “Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda.” Ejournal Ilmu Komunikasi 5(1).

Aprilya, T. 2017b. “Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda.” Ejournal Ilmu Komunikasi 5(1):13–23.

Arifin. 2003. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Assael, H. 2002. Consumer Behavior and Marketing Action. 4th ed. Boston: PWS-Kent Publishing Company.

Firmansyah, A. 2020. Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook.

Moleong, Lexy J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. 2016. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya Dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullah, Rully. 2016. MEDIA SOSIAL, PERSPEKTIF KOMUNIKASI, BUDAYA, DAN SOSIOTEKNOLOGI. Simbiosa Rekatama Medika.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.