ANALISIS KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN OKU TIMUR

Main Article Content

Yuan Zahra Ramadhani Salsabila
Khomsahrial Romli
Rini Setiawati
Muhamad Bisri Mustofa

Abstract

Pola komunikasi adalah adalah bentuk penyampaian pesan yang disampaikan dalam lingkup organisasi dengan maksud untuk merubah pendapat, sikap maupun perilaku komunikan. Sistem penyampaian pesan didasarkan pada penggunaan sejumlah teori-teori komunikasi dalam menyampaikan pesan  secara langsung ataupun melalui perantara media tertentu. Pola komunikasi yang digunakan dalam suatu organisasi menjadi salah satu kunci utama dalam proses pelaksaan tugas yang diberikan oleh pimpinan dan kinerja yang dihasilkan pegawai. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pola komunikasi organisasi dalam meningkatkan kinerja pegawai Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi organisasi yang digunakan dalam meningkatkan kinerja pegawai Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil sampel 6 narasumber dengan kategori 1 pimpinan dan 5 pegawai yang sudah bekerja minimal 3 tahun. Kemudian teknik yang digunakan dalm pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil temuan pada penelitian ini yaitu Pola komunikasi organisasi yang digunakan pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur adalah pola komunikasi rantai, pola komunikasi roda, dan pola komunikasi bintang dengan bentuk komunikasi yang terbuka, fleksibel, dan bersifat dua arah dan pola komunikasi organisasi tersebut berkaitan dengan upaya peningkatan kinerja pegawai

Article Details

How to Cite
Zahra Ramadhani Salsabila, Y., Romli, K., Setiawati, R., & Bisri Mustofa, M. (2023). ANALISIS KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN OKU TIMUR. AT-TAWASUL, 2(2), 81-92. https://doi.org/10.51192/ja.v2i2.519
Section
Articles

References

Berlian, Nurul. (2013). “Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai dengan Variabel Pemediasi Kepuasan Kerja Pada PDAM Kota Madiunâ€. Jurnal Academia: Riset Manajemen dan Akutansi, Vol. 1, no.1.

Goncalves, Salvador Faria Sequeira. (2019). “Pola Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan di Gajayana TVâ€. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol. 8, no.1. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/1597

Iskandar, Trias Pyrenia. (2020). “Pola Komunikasi Organisasi Pengguna Paperless Office di Institut Pemerintahan dalam Negeri (Studi Deskriptif Kualitatif Pengguna Paperless Office di IPDNâ€, Jurnal LINIMASA, Vol. 3, no.1. https://journal.unpas.ac.id/index.php/linimasa/article/view/2187

Kaharuddin. (2020). “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan pada Yayasan Sahabat Bunda Kota Makassarâ€. FORECASTING: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, Vol. 2, no. 1. https://stiemmamuju.e-journal.id/FJIIM/article/view/30/24

Maros, Fadlun. (2016). Penelitian Lapangan (Field Research) Pada Metode Kualitatif Universitas Sumatera utara.

Mulawarman, Krisna dan Yeni Rosilawati. (2014). “Komunikasi Organisasi Pada Dinas Perijinan Kota Yogyakarta Untuk Meningkatkan Pelayananâ€. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, Vol. 5, no.1. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/makna/article/view/2105/1598

R. Wayne Pace dan Don F. Faules. (2018). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Cet. Ke-10.

Rohi, Syaiful. (2016). Teori Komunikasi: Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sule, Erni Tisnawati dan Donni Priansa Juni. (2018). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi: Membangun Organisasi Unggul di Era Perubahan. Bandung: Refika Aditama.

Usman, Husaini dan Purnomo Setyady Akbar. (2017) Metodelogi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara. Cet. Ke-1.