IMPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING METHOD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MUTHOLAAH KELAS VIIIB MTs UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.51192/sa.v4i1.1249Kata Kunci:
Cooperative Learning Method, motivasi belajar, MutholaahAbstrak
Penelitian ini mengkaji implementasi Cooperative Learning Method untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Mutholaah. Latar belakangnya adalah rendahnya motivasi belajar dan ketergantungan siswa pada hafalan teks buku. Tujuannya untuk mengevaluasi efektivitas Cooperative Learning Method dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B Putri di MTs Ummul Quro Al-Islami Bogor. Metodologi yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian melibatkan 37 siswi kelas VIII B Putri. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa. Pada siklus pertama, 30 siswi (81%) mencapai kriteria sangat baik, 6 siswi (16%) kriteria baik, dan 1 siswi (3%) kriteria kurang baik. Siklus kedua menunjukkan peningkatan signifikan dengan seluruh 37 siswi (100%) mencapai kriteria sangat baik. Kesimpulannya adalah penerapan Cooperative Learning Method terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Mutholaah, dengan peningkatan performa dari siklus pertama ke siklus kedua