PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB TERHADAP HASIL BELAJAR MAHARAH KALAM SISWA KELAS VII PUTRI DI PESANTREN MODERN UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.51192/sa.v4i1.1251Kata Kunci:
Peran Guru, hasil belajar maharah kalamAbstrak
Penelitian ini didorong oleh pengamatan bahwa peran guru dalam mengajarkan mufrodat masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kedudukan guru mengajarkan mufrodat di kelas dan dampaknya terhadap hasil belajar maharah kalam siswa, serta untuk memperoleh data yang akurat. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas 7, dengan sampel jenuh sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dokumen, dan wawancara, sementara pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab meningkat sebesar 68%, yang dikategorikan sangat baik. Peningkatan hasil belajar maharah kalam siswa mencapai 40%, yang dikategorikan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan maharah kalam siswa kelas 7 di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor dipengaruhi secara signifikan oleh peran guru dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa tidak selalu dipengaruhi oleh peran guru saja, tetapi terdapat faktor penghambat lainnya
Referensi
Agus Suprijono, Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013), hlm. 5-6
Fuad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab (Malang: Misykat, 2005), hlm. 35
Drs. H. Ahmad Izzan, M. Ag, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Cet. 13, (Bandung: Humaniora), 2009, hlm. 2
Mustofa Syaiful, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, (Malang: UIN MALIKI PRESS), 2011, hlm. 61
S. Eko Putro Widoyoko dan Anita Rinawati, No. 02, Cakrawala Pendidikan, “Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa”, 2012, hlm. 6
Suja’i, Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab: Strategi dan Metode Pengembangan Potensi, (Semarang: Walisongo Press, 2008)
Zainal Aqib, Profesionalisme Guru dan Lembaga Pendidikan dalam Inovasi Pembelajaran di Era Industri, Cat. 1, (Yogyakarta: Penerbit ANDI), 2022, hlm. 28-30.
Richards and Rodges, Approaches and Methods in Language Teaching (Cambridge: Cambridge University Press, 2001), hlm. 20-21
Rita Wati Ishak, Vol. 02, No. 01, Al-Maraji’, “Pengaruh Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa SMP UNISMUH Makassar”, 2018, hlm. 63
Wakhidati Nur Rohmah Putri, Vol. 01, No. 01, Lisania: Journal of Arabic and Literatur, “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah”, 2017, hlm. 2-3