PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PENGAJIAN ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN PERUMAHAN KANSAS MADANI BOGOR

Main Article Content

Rahmawati Alwi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan pengajian pada anak-anak di lingkungan perumahan kansas madani. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian kualitatif, dimana dalam penelitian kualitatif instrument utama adalah peneliti itu sendiri. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan perumahan kansas madani Bogor bulan maret 2021 – juli 2021. Dalam penelitian ini digunakan uji keabsahan data triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan pengajian di lingkungan perumahan Kansas Madani Bogor telah berjalan dengan cukup baik, dilakukan melalui kegiatan pengajian yang dilaksanakan setiap hari setelah sholat maghrib, dimana kegiatan pengajian tersebut diajarkan langsung oleh ustadz yang membimbing membaca Al- Qur’an. Sebelum pelaksanaan pengajian dilakukan terlebih dahulu sholat berjamaah maghrib dan setelah pengajian kemudian melakukan sholat berjamaah isya, semua kegiatan tersebut dilakukan melalui metode pembiasaan

Article Details

How to Cite
Alwi, R. (2021). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PENGAJIAN ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN PERUMAHAN KANSAS MADANI BOGOR. TADBIRUNA, 1(1), 39-44. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v1i1.120
Section
Articles

References

Anas Salahudin dan Irwanto Alkrienciehie, Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa, CV. Pustaka Setia, Bandung, 2013

Anis Ibnatul M, dkk. (2013). Pendidikan Nasionalisme melalui Pembiasaan di SD Negeri Kuningan 02 Semarang Utara. Jurnal: UNES.

Badudu, J.S,. Sultan Mohammad Zain. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

H. E. Mulyasa, M. 2011. MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibnatul, Anis, dkk. (2013). Pendidikan Nasionalisme melalui Pembiasaan di SD Negeri Kuningan 02 Semarang Utara. Jurnal: UNES.

Khan, Yahya, PendidikanKarakter Berbasis Potensi Diri, (Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010)

Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1984. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publisher. Muslich, M. 2011. PENDIDIKAN KARAKTER Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyana, Deddy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu ASosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya