SKETSA PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM AL-QUR'AN DAN SUNNAH
Main Article Content
Abstract
Pendidikan multikultural merupakan elemen penting dalam masyarakat yang semakin majemuk. Di era globalisasi saat ini, interaksi antara berbagai kelompok budaya, agama, dan etnis semakin intensif. Al-Qur'an dan Sunnah menawarkan prinsip-prinsip yang relevan dalam menghadapi tantangan keberagaman ini. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan multikultural berdasarkan ajaran Islam yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Sunnah. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif digunakan dengan fokus pada tinjauan pustaka dari sumber-sumber primer dalam Islam. Penelitian ini menemukan bahwa ajaran Islam sangat mendukung persatuan dalam keberagaman melalui nilai-nilai universal seperti keadilan, kesetaraan, dan penghargaan terhadap perbedaan. Penerapan nilai-nilai ini dalam sistem pendidikan dapat membantu membentuk masyarakat yang inklusif dan damai.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
References
Ansori, Yoyo Zakaria, Indra Adi Budiman, and Dede Salim Nahdi. “Islam Dan Pendidikan Multikultural.” Jurnal Cakrawala Pendas 5, no. 2 (2019).
Daimah, Daimah. “Pendidikan Inklusif Perspektif Qs. Al-Hujurat Ayat 10-13 Sebagai Solusi Eksklusifisme Ajaran Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 3, no. 1 (2018): 53–65.
Fauzan, Abduh. “HUBUNGAN ANTARA LIVING AL-QUR’AN DAN HADIS DALAM PENDIDIKAN ISLAM.” Jurnal Tahsinia 4, no. 2 (2023): 415–26.
Gozali, Ahd. “Multicultural Education in the Perspective of the Qur’an and Hadith: Concepts and Implementation.” Pedagogia: Jurnal Pendidikan 13, no. 1 (2024): 13–21.
Hadi, Hairul, Suprapto Suprapto, Warni Djuita, and Fathurrahman Muhtar. “Mengintegrasikan Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Resolusi Konflik Etnis.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9, no. 1 (2024): 148–59.
Hidayat, Rahmat, Agung Setiawan, and Kanisa Ayu Juliana. “Problematika Dan Solusi Pendidikan Berbasis Multikultural Di Era Globalisasi Dan Modernisasi.” Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan 14, no. 1 (2023): 15–23.
Kemenag. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Cetakan I. Jakarta: Lajnah Pentasbihan Mushaf Al-Qur’an, 2022.
Mawarti, Sri. “Nilai-Nilai Pendidikan Toleransi Dalam Pembelajaran Agama Islam.” Toleransi: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama 9, no. 1 (2017): 70–90.
Mukzizatin, Siti. “Relasi Harmonis Antar Umat Beragama Dalam Al-Qur’an.” Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan 7, no. 1 (2019): 161–80.
Mustafida, Fita. “Integrasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4, no. 2 (2020): 173–85.
Pahrudin, Agus, Syafrimen, and Heru Juabdin Sada. Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural: Perjumpaan Berbagai Etnis Dan Budaya. Bandar Lampung: Pustaka Ali Imron, 2017.
Prianto, Agung Teguh. “Komunikasi Dakwah Berbasis Multikultural Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 1, no. 1 (2023): 193–210.
Putra, Ary Antony. “Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1, no. 1 (2016): 41–54.
Rahman, M Taufiq, and Beni Ahmad Saebani. “Membangun Gerakan Inklusivisme Model Jamaah Persatuan Islam.” TEMALI: Jurnal Pembangunan Sosial 1, no. 1 (2018): 58–72.
Saefullah, Agus Susilo. “Ragam Penelitian Kualitatif Berbasis Kepustakaan Pada Studi Agama Dan Keberagamaan Dalam Islam.” Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2, no. 4 (2024): 195–211.
Sany, Ulfi Putra. “Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Al Qur’an.” Jurnal Ilmu Dakwah 39, no. 1 (2019): 32–44.
Setyazi, Gama, Subandi Subandi, and Erjati Abas. “Pendidikan Multikultural Dalam Bingkai Pemikiran Nasionalis Religius; Komparasi Konsep Abdurrahman Wahid Dan Nurcholish Madjid.” Fitrah: Journal of Islamic Education 3, no. 2 (2022): 191–208.
Sibaweh, Imam, Deny Setiawan, and Mohamad Erihadiana. “Pertimbangan Multikultural Dalam Pengembangan Kurikulum Untuk Menghadapi Keanekaragaman Siswa.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 3 (2024): 3895–3904.
Sodik, Fajri. “Pendidikan Toleransi Dan Relevansinya Dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia.” Tsamratul Fikri 14, no. 1 (2020): 1–14.
Sulaiman, Husnan, and Firdan Mutaqin. “Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Menurut Al-Qur’an Surah Al-Hujurat Ayat 11 Dan 12 Kajian Ilmu Pendidikan Islam.” Masagi 3, no. 1 (2024): 48–59.