PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI MATHLAUL ANWAR TENJOLAYA BOGOR

Authors

  • Sinta Aida Farhatulmillah Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Gugun Gunawan Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Ria Rizki Agustini Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/almubin.v5i2.386

Keywords:

Course Review Horay, Minat Belajar, Model Pembelajaran

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di MI Mathlaul Anwar Tenjolaya Bogor, peneliti mendapatkan informasi tentang siswa, serta faktor lainnya berkenaan dengan minat belajar. Diperoleh informasi menyatakan, bahwa beberapa siswa kurang adanya perhatian saat belajar dan belum membuat siswa jauh lebih aktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH).  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen. Adapun yang menjadi populasi adalah seluruh kelas V MI Mathalul Anwar dan sampel pada penelitian ini adalah kelas VA dan VB MI Mathlaul Anwar. Untuk memperoleh data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat diberlakukan atau diterapkan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen diperoleh hasil 75,33 sedangkan untuk kelas kontrol yaitu 62,76. Berdasarkan hasil perhitungan uji t berbantuan software SPSS Statistik versi 26 bahwa nilai Sig. (2 tailed) yakni 0,003 < 0,05 maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan uji independent sample t test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Jika dilihat dari nilai thitung > ttabel yaitu 3.123 > 2.000, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dari uraian diatas, dinyatakan bahwa adaya pengaruh pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap minat belajar IPA siswa kelas V MI Mathlaul Anwar Tenjolaya Bogor

References

DKK, Nuryadi. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Gramasurya.

DKK, S. A. (2019). Strategi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Univ Terbuka.

Dr. Mohammad Syarif Sumantri, M. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV.

Amni Fauziah, A. R. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD, 49.

KAMILATUSSA’DIAH, N. U. R. U. L., & TAMAMI, A. ISLAMIC REBT COUNSELING TO IMPROVE THE VISUALLY IMPAIRED PEOPLE’S SELF ESTEEM.

Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.

Riva’i, F. A., Mz, S. R., & Septiani, D. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1320-1327.

Nurodin, N. (2016). PENGARUH METODE BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SIKAP KEAGAMAAN IBU-IBU. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 6(1), 508-522.

Nurodin, N. (2017). PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) DALAM MEREDUKSI KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PENYANDANG TUNADAKSA (Penelitian di Panti Asuhan Nurul Haq, Yayasan Madania, Jalan Janti GemakNomor 88 Gedong Kuning Banguntapan Bantul, Yogyakarta). Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 6(2), 130-149.

Cintya Dwi Wahyuningtyas, S. S. (2020). Pengaruh model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Memahami Administrasi Kelas OTKP SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 341.

Ikhlas A, (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Teorema Phygoras, Jurnal Inovasi Penelitian. 1402.

Sobandi, S. N. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belaja Siswa. Jurnal Pendidikan ManajemenPerkantoran,130

Published

2022-09-30

How to Cite

Aida Farhatulmillah, S., Gunawan, G., & Rizki Agustini, R. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI MATHLAUL ANWAR TENJOLAYA BOGOR. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 5(2), 93-101. https://doi.org/10.51192/almubin.v5i2.386

Issue

Section

Articles